Berita

Ajang KSM Kembangkan Sikap Sportifitas Peserta Didik

blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (InmasJP) – Ajang Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Kota serentak dilaksanakan di beberapa Wilayah di Ibu Kota pada Sabtu, (20/07). Ajang yang diikuti sebanyak 133 peserta didik dari 11 Madrasah ditingkat MI, MTs dan MAN se-Jakarta Pusat sudah berbasis Computer Based Test (CBT).

KSM ini menjadi ajang unjuk prestasi bagi peserta didik Madrasah yang secara rutin digelar oleh Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan Madrasah (KSKK) pada Ditjen Pendis Kemenag RI.

KSM ini melombakan 11 bidang. Untuk MI meliputi Matematika Terintegrasi dan IPA Terintegrasi. Untuk MTs meliputi Matematika Terintegrasi, IPA Terpadu Terintegrasi, IPS Terpadu Terintegrasi dan untuk MA meliputi Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Ekonomi dan Geografi yang semuanya sudah terintegrasi.

KSM Jakpus 2019 di MAN 3

Mukhobar selaku Kepala KanKemenag Kota Jakarta Pusat memukul gong, sebagai bentuk simbolis bahwa kegiatan KSM ini telah dimulai, “Kegiatan ini selain menjadi ajang unjuk prestasi peserta didik Madrasah, juga untuk mengembangkan sikap sportifitas,” Ujarnya saat memberikan sambutan.

Sesuai Juknis pelaksanaan KSM No.1697/2019, KSM Tingkat Provinsi akan dilaksanakan pada bulan agustus dan KSM Tingkat Nasional akan dilaksanakan pada bulan September di Manado.

Soal tes yang diujikan berbasis Paper Based Test (PBT) bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan untuk mendesain, menganalisis, memecahkan masalah dan mengenali hubungan sebab dan akibat./j15

Terkait