Berita

Adakan Munaqosah, Kamad Ingatkan Terus Baca Al Quran Usai Lulus

blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Humas MAN 17 Jakarta) --- Madrasah Aliyah Negeri 17 Jakarta kembali menyelenggarakan munaqosah tahfidzul Quran untuk kelas XII tahun 2022 bertempat di Aula Abu Bakar Assiddiq.

Kepala Madrasah mengatakan, bahwa kegiatan ini merupakan salah satu program unggulan madrasah untuk menilai kemampuan siswa dalam menghafal Juz 30 dan surat-surat pendek pilihan, sekaligus bekal sebelum lulus dari MAN 17 Jakarta.

“Pada hari ini bapak sangat senang dan gembira seluruh peserta munaqosah kelas XII tahun ini banyak yang ikut serta. Diharapkan kegiatan membaca Al-Quran ini dapat kalian pertahankan meskipun sudah lulus,” ujar Ahmad Saifullah. Kamis (10/03)

“Mudah-mudahan kalian diberkahi oleh Allah SWT, saya yakin Al-Quran itu pedoman hidup, karena yang kita baca itu Firman Allah SWT, maka harus ada adab dalam membacanya,” tambah kepala MAN 17 Jakarta.

Pada kesempatan yang sama tim penguji memberikan petunjuk teknis pelaksanaan kegiatan agar memperoleh nilai yang baik

“Peserta munaqosah tahfidzul Quran  harus memenuhi beberapa kriteria penilaian antara lain, dari segi hafalan, tajwid dan naghom harus sesuai,” ujar Buang Effendi.

Dalam pantauan humas, para siswa yang menunggu giliran begitu serius mengulang bacaan agar sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan oleh tim penguji.

“Kegiatan ini dapat menguji mental dan keberanian serta melatih daya ingat dalam menghafal ayat-ayat suci Al-Quran,” ungkap Hanifa Putri Aulia salah seorang siswa setelah selesai diuji.

Sekedar tambahan informasi bagi siswa yang dinyatakan lulus dan memenuhi kriteria hafalan yang ditetapkan oleh tim penguji akan diberikan sertifikat./Amn

Terkait