Berita

Workshop Pembelajaran Berbasis Digital MAN 13, Kabag TU: “Kita Ciptakan Generasi Pemenang”

Senin, 13 November 2017
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Inmas) --- Madrasah Aliyah Negeri 13 Jakarta gelar Workshop Pembelajaran Berbasis Digital. Pelatihan digital bukan sekedar mengantarkan pembelajaran sehingga tercipta inovasi agar peserta didik memiliki nilai tambah. Namun, penguasaan digital akan mengantarkan peserta didik menjadi generasi pemenang.

 

Demikian disampaikan oleh Kepala Bagian Tata Usaha, Saiful Mujab saat menjadi narasumber dalam kegiatan workshop yang dihadiri oleh Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) pada MAN 13 Jakarta tersebut. "Dengan teknologi informasi dan teknologi digital, mari kita ciptakan generasi pemenang," imbau Saiful Mujab, Sabtu (11/11).

 

Pada workshop tersebut, Saiful Mujab pun menyeru agar seluruh GTK  MAN 13 tidak terjebak pada rutinitas. "Pengembangan materi diarahkan ke arah yang lebih bersifat breakthrough (terobosan) dan tidak jalan di tempat," kata Kabag TU.

 

Untuk memberikan terobosan, menurut Saiful diperlukan kejelian guru untuk melihat kompetensi peserta didik. Misalnya, bila ada  peserta didik menguasai bidang IT (information & technology) maka guru harus mampu mengarahkan agar kompetensi tersebut dapat dikembangkan.

 

Harapan Kabag TU senada dengan harapan Kepala MAN 13 Jakarta. "MAN 13 Jakarta menggelar kegiatan workshop pembelajaran berbasis digital ini, guna meningkatkan kompetensi IT para guru dan tenaga kependidikan," ujar Kamad MAN 13 Jakarta, Nuroto.

 

Dengan penguasaan teknologi informasi, Nuroto berharap para GTK yang berada dibawah pembinaannya dapat menjalankan salah satu nilai budaya kerja yang dimiliki Kemenag RI, yaitu inovasi. "Dengan pelatihan ini diharapkan berdampak pada kemajuan pengetahuan dan kreativitas guru dalam menyajikan pembelajaran bagi peserta didik," harap Nuroto.

 

Pada pelatihan ini, para guru diberikan wawasan untuk membuat data konvesional menjadi digital, pengenalan terhadap layanan surat elektronik (e-mail) dan pemanfaatan layanan google drive. Selain itu para peserta juga dilatih membuat kuesioner dengan menggunakan internet, membuat blog hingga tata cara editing dan mengunggah video.

 


Pada akhir sesi materi, Kabag TU tak lupa  imbau agar segenap ASN bersiap dalam menghadapi audit kinerja. Saiful Mujab pun memberi apresiasi karena MAN 13 telah berhasil mengantarkan banyak siswa madrasah untuk dapat memasuki perguruan tinggi negeri. /baz/ilm/ilm

 

  • Tags:  

Terkait