Berita

Upaya Meningkatkan Kapasitas Generasi Muda Lingkungan, Kader Adiwiyata MAN 16 ikuti acara “Rawatan Negeri”

blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Humas MAN 16 Jakarta) --- Kader Adiwiyata MAN 16 memenuhi undangan Galang Kemajuan (GK) Foundation bekerja sama dengan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kader Adiwiyata MAN 16.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu (6/10) di Area Arboretum, Kantor Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Nony Priany selaku guru pendamping, mengatakan acara rawatan Negeri ini mengangkat tema“ Hutan Kaya, Lingkungan Terjaga dan Rakyat Sejahtera”

Turut dihadiri berbagai elemen masyarakat, seperti para siswa pelajar, mahasiswa dan komunitas yang konsen perduli pada lingkungan.

“Narasumber dalam talkshow dan workshow yaitu Rosa V Retnawati (Dirjen Pengelolaan Sampah limbah dan B3), Bambang Supriyanto (Dirjen Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan, Kelik Wirawan Wahyu Widodo (Ketum GK Foundation) dan Parjan (Inisiator ecowisata Kalibiru Kulon Progo),” ujar Nony.

Segala informasi dan pengetahuan yang didapat oleh para kader hari ini yaitu tentang  tentang pengelolaan perhutanan sosial dan cara pengelolahan sampah nantinya akan dishare kepada para siswa.

Menurut Rosa V Retnawati selaku Dirjen Pengelolaan Sampah, Masyarakat perkotaan salah satu problem utamanya adalah sampah, persoalan sampah bukan hanya menjadi persoalan domestik Indonesia, tetapi hal ini sudah menjadi kekhawatiran dan ketakutan masyarakat global dan dunia internasional.

Sedangkan Ardha Aulia mengatakan, Selain dari talkshow yang menarik isinya, hari ini kami juga menyaksikan terbentukya kader lingkungan yang diberi nama Galang Komunitas Hijau Indonesia (GKHI), yaitu merupakan kader-kader duta sampah yang akan dilatih untuk memberikan edukasi dan pencerahan kepada masyarakat yaitu bagaimana pengelolaan sampah dari yang tidak bernilai menjadi bernilai ekonomis.

“ Ini semakin memperkuat kebersamaan  kepedulian kami akan timbunan sampah yang bukan hanya di sekolah saja tetapi juga di lingkungan masayarakat sekitar,” ujar salah satu kader Pangan Sehat.

Rangkaian acara yang dimoderatori oleh Premita Fifi (Founder KiperIndonesia.com) berjalan dengan komunikatif dan antusias peserta yang hadir kemudian diakhiri dengan berdendang bersama yang dipandu langsung oleh Sandy Canester.

“Kedepannya kader Adiwiyata MAN 16 akan terus berperan aktif mendukung dan merealisasikan  kegiatan yang membawa dampak positif untuk lingkungan sebagai generasi milenial,” harap Nony.

 

Terkait