Berita

Tumbuhkan Minat Baca Siswa, MAN 10 Jakarta Adakan Gerakan Literasi Sekolah

blog

Jakarta (Humas MAN 10) --- Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 10 Jakarta menyelenggarakan kegiatan literasi madrasah atau dikenal dengan Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Gerakan yang diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan dan Ristek ini, untuk menumbuhkembangkan minat baca pada siswa.

“Kegiatan rutin ini dilaksanakan untuk menumbuhkan minat baca peserta didik serta meningkatkan keterampilan membaca. Materi baca berisi nilai-nilai budi pekerti, berupa kearifan lokal, nasional, dan global yang disampaikan sesuai tahap perkembangan peserta didik,” ujar Kepala Madrasah, Nurlaelah. Senin (25/07).

Kali ini, sebelum pelaksanaan GLS diawali dengan menyanyikan lagu berkaitan dengan kegiatan. Dilanjutkan siswa berkelopok dan mulai membaca buku Bahasa Inggris dengan senyap. Diakhiri salah satu perwakilan kelompok melakukan sharing terhadap buku yang dibacanya.

“Peserta didik merespon dengan baik, antusias saat menyanyikan dan membaca senyap. Mereka juga antusias untuk mempresentasikan buku yang dibacanya dan ini merupakan indikator bahwa mereka senang kegiatan literasi bahasa,” ungkap dari guru literasi Bahasa, Miss Titin dan Miss Yuni.

Menurut Putri, kegiatan literasi  ini sangat bermanfaat sekali dimana dalam penyampaian, Siswa berusaha untuk berani tampil menyampaikan dengan Bahasa inggris.

“Saya merasa senang dengan kegiatan literasi bahasa inggris hari ini. Terutama ketika saya maju untuk menyampaikan kembali apa cerita Inggris yang saya baca, saya awalnya merasa malu, tapi kemudian saya memberanikan diri untuk menceritakannya dengan bahasa Inggris,” ujarnya.

“Saya juga takjub kepada teman-teman lain yang tampil, bagaimana mereka mempresentasikan dengan bahasa Inggris, dan pronounce mereka yang menurut saya bagus. Kegiatan ini juga mengembangkan kemampuan seluruh siswa siswi dalam berbahasa inggris, terutama dalam kosakata dan bagaimana cara menulis dengan bahasa Inggris, melalui resume yang telah mereka tulis,” tambahnya.

Sekedar informasi, kegiatan Gerakan Literasi Madrasah dilaksanakan 2 Minggu sekali, dengan memilki tema yang berbeda beda. /Fz

Terkait