Berita

TRANSFER KNOWLEDGE OF DEMOCRACY, MTs N 34 JAKARTA ADAKAN PEMILIHAN KETUA DAN WAKIL KETUA OSIS

blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Humas MTsN 34) --- Seperti sebuah negara, sekolah juga merupakan suatu organisasi, layaknya masyarakat mini yang memiliki warga dan peraturan. Sekolah merupakan sebuah organisasi, yakni unit sosial yang sengaja dibentuk oleh beberapa orang yang satu sama lain berkoordinasi dalam melaksanakan tujuannya untuk mencapai tujuan bersama. Tujuannya yaitu mendidik anak-anak dan mengantarkan mereka menuju fase kedewasaan, agar mereka mandiri baik secara psikologis, biologis, maupun sosial. Dalam pendidikan demokrasi menekankan pada pengembangan ketrampilan intelektual, ketrampilan pribadi dan sosial.

 

Salah satu cara pengenalan pembelajaran dan penanaman dalam berdemokrasi yang dikenalkan oleh sekolah kepada siswa-siswinya adalah dengan kegiatan Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS. Dengan kegiatan ini siswa-siswi dapat  terlibat melakukan pemilihan umum secara langsung yang kelak mereka akan lakukan di skala besar dalam pemilihan umum daerah maupun nasional.

Guna mengakomodir transfer knowledge makna demokrasi kepada siswa-siswi mengenai mekanisme pemilihan umum, MTs N 34 Jakarta melakukan kegiatan Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS Angkatan XI tahun 2018-2019 pada awal November 2018. Selain memperkenalkan demokrasi dalam pemilihan umum secara praktik, kegiatan ini juga dilakukan untuk meremajakan dan mengembangkan bakat siswa-siswi kls VII dan VIII di MTs N 34 yang baru untuk belajar berorgansisasi yang nantinya akan menjadi modal mereka dalam menghadapi era milenial yang berdemokrasi ucap arif wahyu hidayat sebagai Pembina OSIS.

 

Dalam Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS ini, mekanisme yang digunakan melalui beberapa tahapan yaitu  pemamaparan visi, misi dan program kerja para calon, debat terbuka antar calon dan diakhiri dengan Pemilihan secara langsung.awh

Terkait