Berita

Tingkatkan Kesiagaan, PMR MIN 21 Laksanakan Study Tour

Senin, 27 November 2017
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta, (Humas MIN 21) -- Untuk meningkatkan kesiagaan dan kepekaan dalam kepedulian sosial Palang Merah Remaja (PMR) MIN (Madrasah Ibtidaiyah Negeri) 21 Jakarta menggelar kegiatan Study Tour di Kebun Raya Bogor.

Kepala Madrasah (Kamad) MIN 21 Jakarta, Faozi mengatakan kegiatan itu bertujuan untuk mengevaluasi kegiatan PMR MIN 21 seberapa jauh peserta didik menerima materi maupun praktek yang telah dilaksanakan oleh pembina maupun Pelatih PMI Jakarta Timur.

Disebutkannya, kegiatan tersebut juga meningkatkan kepekaan para siswa siswi pada lingkungan alam terbuka serta pengenalan dan pengetahuan tentang sejarah Kebun Raya Bogor.

Pada kesempatan itu Siswa siswi PMR MIN 21 diberikan pelatihan praktek lapangan, serta kegiatan gathering seperti kekompakan antar tim anggota PMR, simulasi tanggap darurat terhadap korban bencana alam dan lain sebagainya yang berkaitan dengan kegiatan Kepalang Merahan Indonesia.

Usai mengikuti kegiatan pelatihan PMR peserta didik MIN 21 Jakarta mengunjungi museum Zoologi yang berlokasi di komplek Kebun Raya Bogor. Kunjungan tersebut guna meningkatkan pengetahuan siswa terhadap fosil fosil hewan dari purbakala hingga jaman sekarang. 

Salah seorang guru pembimbing Muhibbatun mengatakan, di Museum Zoologi itu para siswa siswi dapat mempelajari kehidupan hewan, jenis-jenis hewan baik hewan mamalia, melata, jneis Karbipora maupun Karnipora.

Tak hanya itu, menurut Muhibbatun, peserta didik MIN 21 Jakarta ditugaskan membuat laporan secara materi terhadap kunjungan ke setiap stand yang berada di museum Zoologi.

Kegiatan Study Tour itu diikuti seluruh pelajar putra putri peserta PMR yang terdiri dari Kelas 5 dan Kelas 6 MIN 21 Jakarta. 

Turut serta dalam Study Tour antara lain, Pembina PMR MIN 21 Jakarta Muhibbatun, sejumlah Wali Kelas serta sejumlah pelatih PMI Jakarta Timur.

Museum Zoologi Bogor adalah museum yang terletak di Bogor, memiliki koleksi yang berkaitan dengan dunia satwa seperti berbagai spesimen yang diawetkan maupun fosil hewan.

Koleksi ilmiah yang dimiliki museum ini meliputi kategori antara lain: mamalia, ikan, burung, reptil dan amphibi, moluska, serangga dan invertebrata lain yang bukan moluska dan serangga.

Koleksi Museum Zoologi yang berada di gedung Widyasatwaloka, Pusat Ilmu Pengetahuan Cibinong meliputi 3,5% jumlah jenis fauna yang terdapat di Indonesia, dan dari keberagaman fauna di Indonesia hanya 0,05% contoh binatang (spesimen) yang dimiliki oleh Bidang Zoologi, Pusat Penelitian Biologi, LIPI.

Mamalia, koleksinya terdiri dari berbagai jenis binatang menyusui yang dukumpulkan dari berbagai kepulauan di Indonesia. Jumlah koleksi 650 jenis, terdiri dari 30.000 contoh binatang (spesimen). Sementara Ikan, koleksi berbagai jenis ikan terdiri dari 12.000 jenis yang diwakili oleh 140.000 contoh binatang.

Burung, koleksi dikumpulkan dari wilayah Indonesia Timur dan Barat. Jumlah seluruhnya 1.000 jenis, meliputi 30.762 contoh binatang.[7] Ruang koleksi tempat penyimpanan spesimen burung suhu udara di ruangan dipertahankan pada 22° C untuk menjaga agar koleksi tidak hancur.

Reptil dan amfibia, koleksi yang tersimpan tercatat 763 jenis, dari 19.937 contoh binatang. Sementara koleksi Moluska, koleksi moluska yang tersimpan tercatat 959 jenis yang dari 13.146 contoh binatang.

Koleksi serangga tercatat 12.000 jenis, dari 2.580.000 contoh binatang.

Invertebrata lain, terdiri dari jenis-jenis invertebrata bukan moluska dan serangga. Koleksi yang terkumpul ada 700 jenis dari 1.558 contoh binatang./Humas/meli





  • Tags:  

Terkait