Berita

Tingkatkan Indeks Kepuasan Jemaah Haji, Stafsus : Perlunya Kerjasama Petugas Haji

Selasa, 14 Maret 2023
blog

Jakarta (Humas) --- Staf Khusus Menteri Agama mengingatkan agar seluruh petugas haji, baik kloter, pembimbing ibadah dan tim medis untuk bekerja sama dalam menyertai para jemaah mulai di tanah air, Arab Saudi hingga kembali ke tanah air.

“Mudah – mudahan penyelenggaraan ibadah haji tahun ini berjalan dengan baik, lancar dan sukses. Dan seluruh jemaah haji dapat terlayani dengan baik,” ujar Abdur Rochman saat rapat teknis persiapan penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1444 H / 2023 M di Aula Jayakarta.

Terkait jumlah kuota normal, Stafsus mengungkapkan tahun ini jumlah jemaah lansia sangat banyak sehingga pemerintah membuat kebijakan yang awalnya satu persen menjadi empat persen, agar jemaah lansia yang sudah berkeinginan melaksanakan ibadah haji dapat diberangkatkan.

“Ini merupakan salah satu kebijakan dalam memberikan pelayanan kepada seluruh jemaah haji,” jelasnya.

Stafsus meminta agar tim kesehatan untuk saling membantu petugas haji untuk melayani jemaah haji lansia, baik itu terkait kesehatan maupun aspek psikologisnya.

“Oleh karena itu, kami mohon Dinas Kesehatan dapat membekali tenaga kesehatan, agar nantinya dapat melayani jemaah haji dengan sebaik – baiknya,” jelasnya, Selasa (14/03).

Selanjutnya, Stafsus mengajak para pimpinan KBIHU untuk menyampaikan para jemaahnya agar saling membantu dan menolong jemaah haji yang lain. “Mau tidak mau, jemaah haji saling membantu jemaah yang usianya diatas 65 tahun,” ungkapnya.

Dalam pelaksanaan manasik, Stafsus juga meminta agar adanya materi khusus dari KUA dan Dinas Kesehatan terkait kerjasama menangani jemaah haji lansia, khususnya bagi jemaah yang muda.

“Ini juga salah satu yang harus kita pikirkan agar jemaah haji dapat terlayani dengan baik dalam situasi normal,” pungkasnya.

Sedangkan, Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta menyampaikan perlunya penanganan yang komprehensif antara Kementerian Agama dan Dinas Kesehatan terkait jumlah lansia yang mencapai 24 persen.

“Dengan silaturahmi dan koordinasi, diharapkan seluruh petugas haji dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi jemaah haji,” ujar Cecep Khairul Anwar dalam laporannya.

  • Tags:  

Terkait