Berita

“Think Before You Share”, Literasi Digital untuk Siswa MAN 16 Jakarta

Selasa, 12 Februari 2019
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Humas MAN 16 Jakarta) --- Sebanyak 100 orang siswa MAN 16 Jakarta mengikuti acara kampanye Facebook yang bertemakan “ Think Before You Share” yang diselenggarakan oleh Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB Foundation) di Aula. (08/02)

Deo Ginting dalam paparannya kepada seluruh audiens siswa MAN 16 mengatakan bahwa sebagai usia yang beranjak remaja harus memiliki bekal pengetahuan  untuk dapat membedakan mana konten unggahan di media sosial yang benar dan tidak.

“Selain mampu memilah mana fakta dan hoax, kita juga harus memiliki dan bisa menggunakan, mengaktifkan empati dari dalam diri masing-masing sehingga tidak sembarangan dalam mengunggah sesuatu hal," ujarnya.

Selain Deo Ginting, hadir juga nara sumber lain dari Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB) yaitu Therry Alghifary.

Menurutnya, Kehadiran facebook bertujuan untuk membangun komunitas, menjadikan sesuatu yang jauh menjadi lebih dekat. Sebagai pelajar harus mampu berfikir kritis dalam menganalisa konten yang beredar di media sosial dan menggunakan empati untuk dapat membentuk opini.

“Dengan menerapkan dan mengasah kemampuan berfikir kritis, berempati, bersama membangun komunitas positif  akan menjadikan kami, millenials MAN 16 siap perangi hoax," ujar Risa siswa kelas 11 IPS dengan penuh semangat.

Terkait