Berita

Tasyakuran HAB Kemenag ke-73 di Kankemenag Kota Jakarta Pusat

blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta [inmasJP] – Kepala Kankemenag Kota Jakarta Pusat, H. Mukhobar memberikan sambutan pada Tasyakuran HAB Kemenag ke-73, Jum’at (18/01). Kegiatan ini juga diisi tausiyah, pemberian santunan, penyuluhan kesehatan, dan sholat Jum’at bersama.

Dalam sambutannya, H. Mukhobar menekankan peningkatan pelayanan Kemenag di segala lini. “Pelayanan Kemenag sekarang serba gratis namun kualitasnya lebih baik,” jelas mantan Kepala Kankemenag Kota Jakarta Selatan ini.

Saat ini pelayanan Nikah dan Rujuk di KUA kena biaya nol rupiah, dengan catatan pada jam kerja. Pelayanan PPDB di madrasah juga gratis bahkan sudah online (menggunakan jejaring internet). Demikian juga pelayanan haji dan umroh, wakaf dan sebagainya.

“Karena cinta Rosul,” jawab salah satu anak yatim menjawab pertanyaan H. Mukhobar mengapa kita memperingati maulid. Padahal kita adalah umat yang tidak bertemu dan hanya tahu tentang Nabi Muhammad SAW dari Alqur’an dan Hadist-hadist yang ada.

HR Ahmad menjelaskan bahwa umat Nabi Muhammad SAW menyempurnakan umat sebelumnya, dan umat yang terbaik dan paling mulya di sisi Allah. Bahkan dikisahkan dalam Kitab Sabilul wal I’tibar dan Kitab Syarofu Ummutil Muhammadiyah, Nabi Musa pun sempat iri hati sebab umat terakhir inilah yang dahulu masuk ke dalam surga.

“Rosul juga mengajarkan sifat sabar,” jelasnya di aula MH Thamrin. Senada penjelasan dalam Qs Al Ahzab/33 ayat 21, “Sungguh, telah ada pada diri Rosulullah itu suri teladan yang baik bagimu, yaitu orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan yang banyak mengingat Allah”. /j15

Terkait