Berita
Madrasah

Siswi MAN 4 Jakarta Raih Juara 1 Lomba KTI Batik Nasional 2023

Rabu, 4 Oktober 2023
blog

Jakarta (Humas) --- Siswi Madrasah Aliyan Negeri (MAN) 4 Jakarta Rafila Anindya Ahmad berhasil meraih juara pertama lomba Karya Tulis Ilmiah (KTI) Batik Nasional 2023.

 

Lomba KTI Batik 2023 merupakan salah satu dari rangkaian perayaan Hari Batik Nasional 2023 yang diselenggarakan oleh Yayasan Batik Indonesia (YBI) bekerja sama dengan Kementerian Perindustrian. "Dalam lomba ini, saya menulis karya ilmiah berjudul Eksplorasi Etnomatematika dan Fraktal pada Batik Betawi Terogong Serta Pengembangan Motif Secara Digital," tutur Rafila di Jakarta, Selasa (3/10/2023).

 

Ide penggunaan tema tersebut menurut Rafila, diawali dari rasa prihatinnya terhadap berkurangnya pengetahuan masyarakat terutama generasi muda akan makna klasik dan simbol dari batik terogong yang menggambarkan kekayaan budaya Betawi.

 

"Selain mencari makna filosofis saya juga mencoba membuat desain batik Terogong yang terdiri dari ondel-ondel, mengkudu, pucuk rebung, rangkaian bunga dan gigi balang melalui media digital komputer," tutur gadis remaja yang duduk di kelas IX ini.

 

Selama kurang lebih tiga minggu melaksanakan riset, Rafila didampingi oleh Raliyanti sebagai pembimbing. "Kami bersyukur atas capaian yang diperoleh Rafila. Perjuangannya tidak mudah karena harus bersaing dengan siswa SMU dan sederajat dari berbagai penjuru di Indonesia," ungkap Raliyanti. Selamat, Rafila!! (H5h)

Terkait