Berita

Siswa MIN 9 Jakarta Juara Olimpiade Matematika Internasional

Senin, 7 Mei 2018
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Humas MIN 9 Jakarta) ---- Siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 9 Jakarta mengukir prestasi di ajang Olimpiade Matematika Internasional. Adalah Farras Fakhril Anam, siswa kelas V MIN 9 Jakarta yang berhasil meraih medali perak pada ajang International Mathematic Wizzard Challenge (IMWiC) 2018.

Menurut Humas MIN 9 Petukangan Syaripah, IMWiC merupakan even tahunan yang diselenggarakan oleh perkumpulan asosiasi matematika di Asia. “Farras, menjadi bagian dari 190 pelajar Indonesia yang mengikuti ajang IMWiC 2018,” tutur Syaripah, Senin (07/05).

Menurut Syaripah, selain dari Indonesia, ajang yang berlangsung pada tanggal 5 – 6 Mei 2018 di Jakarta ini, juga diikuti oleh ratusan pelajar dari negara lain. Kontingen dari negara lain di antaranya berasal dari Filipina dan Thailand. Filipina memboyong 399 pelajar dan Thailand membawa 37 pelajarnya.

Faras yang saat ini bergabung pada Klinik Pendidikan MIPA, telah mengikuti karantina persiapan IMWiC sejak 27 April – 04 Mei 2018.  Ajang IMWiC menurut Syaripah adalah ajang internasional pertama yang diikuti Faras.

“Biasanya ajang internasional kan diadakan di luar negeri, biayanya lumayan. Kali ini, mumpung diadakan di Indonesia, maka orang tua bersedia untuk mengikutsertakan. Karena biayanya terjangkau,” imbuh Syaripah.

Kepala MIN 9 Petukangan Asim mengaku bangga dengan prestasi peserta didiknya. “Tidak hanya Farras, ada siswa kami Fauzi Kemal Maulidi juga baru saja menyabet juara ketiga pada Olimpiade Nasional Shinkenjuku,” kata Asim.

Asim menjelaskan bahwa Shinkenjuku adalah metode bimbingan belajar matematika dari Jepang. “Shikenjuku mengajarkan lebih banyak soal cerita dan mengajarkan anak berhitung seperti membaca komik,” jelasnya.

Pada ajang Shikenjuku Tingkat Nasional yang berlangsung tanggal 29 April 2018 lalu, Kemal bertanding dengan 30 peserta kelas V dari berbagai kota di Indonesia. “Sebelumnya telah dilakukan penyisihan dulu di tujuh titik di Indonesia. Alhamdulillah Kemal bisa lolos babak penyisihan,” tutur Syaripah.

Kepala MIN 9 Jakarta berharap ke depan lebih banyak lagi prestasi yang dapat siswa madrasah yang sudah dikenal sebagai pencetak juara olimpiade matematika ini. “Semoga semua prestasi yang telah diraih oleh siswa kita menjadikan MIN 9 semakin berprestasi dan membuktikan madrasah semakin hebat dan bermartabat,” harap Asim. /Humas MIN 9/ilm/ilm

  • Tags:  

Terkait