Berita

Siswa MAN 2 Jakarta Berhasil Meraih Best Debate Speaker Debat Sejarah Nasional

Rabu, 12 Oktober 2022
blog

Jakarta (Humas MAN 2 Jakarta) ---  Salah satu Tim debat Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Jakarta, Muhammad Nabil Subagja Hadiwidjaja didaulat menjadi Best Debate Speaker pada ajang lomba debat sejarah tingkat nasional.

Menurutnya, hasil yang telah diraih atas kemauan yang tinggi dalam beretorika dan mengarahkan topik sesuai dengan fakta.

“Nantinya, para generasi milenial akan menjadi bagian dalam memajukan bangsa dengan melakukan hal dengan tanggung jawab,” ujarnya saat diwawancarai.

Sebelumnya, kedua tim debat Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Jakarta mengikuti babak grand final debat sejarah tingkat nasional yang diselenggarakan secara online oleh Fakultas Ilmu Budaya UI, dengan mengusung tema Sejarah Pers Indonesia.

“Debat tahun ini lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya. Tiga tim di babak grand final terlihat berupaya keras mempertahankan mosi masing-masing. Dan kami akui bahwa penguasaan materi dan retorika dari Tim MAN 2 Jakarta sangat bagus, “ puji salah satu panitia History Fair Universitas Indonesia 2022.

Hasil yang raih oleh Tim debat MAN 2 Jakarta merupakan hasil kerja keras dan guru pembimbingnya. Mereka tak tanggung-tanggung dalam berburu literatur, yakni ke Museum Pers di Surakarta, Jawa Tengah.

 “Di Museum Pers anak-anak dapat menyaksikan langsung bukti sejarah pers Indonesia dari masa penjajahan Belanda, juga berdialog dengan pakar sejarah pers,” ujar Tyas Ayu Karyasih, salah satu guru pembimbing Sejarah.

Tak hanya berkunjung ke tempat-tempat yang berkaitan dengan tema debat seperti Perpustakaan Nasional, mereka juga memperkaya diri dengan khasanah keilmuan.  Tak pelak, referensi berupa buku dan jurnal menjadi sumber yang tak terlewatkan bagi mereka.

“Kami juga berlatih public speaking  yang meliputi gaya berbicara, narasi yang digunakan, gesture tubuh,” tambah Siti Sarifah Pido Habibie, salah satu peserta debat.

Setelah melalui penilaian sangat ketat,  juri memutuskan bahwa peringkat pertama diraih oleh Tim 3 MAN 2 Jakarta, peringkat 2 oleh Tim 1 MAN 2 Jakarta, dan peringkat 1 diraih SMAN  1 Ciamis. /Yuyum D.

Terkait