Berita

Siswa MAN 14 Jakarta Raih Medali Emas CNN Indonesia Taekwondo Championship 2024

Jumat, 11 Oktober 2024
blog

Taekwondo MAN 14 Jakarta

Jakarta (Humas MAN 14 Jakarta) – Muhammad Gheysar Hilmi (X-12) peserta didik Madrasah Aliyah Negeri 14 Jakarta berhasil meraih medali emas kategori Kyorugi Junior Putra U 71 Kg dalam kejuaraan CNN Indonesia Taekwondo Championship 2024 Piala Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) di Gelanggang Olahraga (GOR) Ciracas Jakarta Timur pada Ahad (6/10/2024).

Kejuaraan ini dibuka oleh Pelaksana Harian (Plh) Deputi 3 Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora RI Sri Wahyuni mewakili Menpora Ario Bimo Nandito Ariotedjo.

Pembukaan kejuaraan yang merupakan kolaborasi Kemenpora dengan CNN Indonesia dan Pengurus Provinsi (Pengprov) Taekwondo Indonesia DKI Jakarta ini ditandai pematahan papan kyukpa, diikuti pemukulan gong oleh Plh Deputi Sri Wahyuni.

Sebagai informasi, taekwondo adalah seni bela diri yang berasal dari Korea Selatan yang menggunakan tangan dan kaki sebagai senjata untuk menaklukkan lawan. Meskipun ada banyak perbedaan doktriner dan teknik di antara berbagai organisasi Taekwondo, seni ini pada umumnya menekankan tendangan yang dilakukan dari suatu sikap bergerak, dengan menggunakan daya jangkau dan kekuatan kaki yang lebih besar untuk melumpuhkan lawan dari kejauhan.

Suatu kebanggaan bagi Gheysar (sapaannya) menjadi satu dari 3.500 atlet dari berbagai daerah di Indonesia yang bertanding pada kejuaraan tingkat nasional ini dan bisa mempersembahkan emas bagi MAN 14 Jakarta.

Penguasaan teknik fisik dan konsentrasi serta fokus pada tendangan kaki yang tinggi dan teknik tangan yang cepat menjadi kunci kemenangan Gheysar.

“Sering mengikuti  kegiatan seperti ini dapat mengasah kemampuan dan memberikan pengalaman bertanding bagi siswa sehingga lahir bibit atlet calon peraih prestasi dunia”, ujar Wandi Del Putra Wakil Kepala Bidang Kesiswaan.

Hadir juga dalam pembukaan tersebut Pemimpin Redaksi CNN Indonesia Titin Rosmasari dan Ketua Umum Pengurus Provinsi Taekwondo Indonesia DKI Jakarta Mayjen TNI (purn) Ivan Palealu./stw

Terkait

Menu Aksesibilitas

Mode Suara

Ukuran Teks

Monokrom

Tandai Tautan

Tebalkan Huruf

Perbesar Kursor