Berita

Semarakkan Ramadhan 1443 H, MAN 9 Gelar Pesantren Ramadhan dan Lomba Keagamaan

blog

Jakarta (Humas MAN 9 Jakarta) --- Dalam rangka menyemarakkan Ramadhan 1443 H, Rohis dan OSIS MPK MAN 9 Jakarta Timur mengadakan kegiatan Pesantren Ramadhan (PeRan) yang berlangsung tanggal 20, 21, 22, dan 25 April 2022.

Yessy Anwar selaku Kepala MAN 9 menyampaikan rasa bahagia, karena kegiatan Pesantren Ramadhan bisa diadakan secara offline setelah lebih dari 2 tahun dilaksanakan secara online.

“Pesantren Ramadhan menjadi wadah untuk memperdalam wawasan keagamaan dan lomba-lomba keagamaan, juga bisa menjadi ajang mencari bibit untuk nantinya bisa mengikuti perlombaan keagamaan di luar Madrasah,” ujar Yessy saat memberikan sambutan pada acara penutupan Pesantren Ramadhan.

“Acara Peran juga sangat di-support oleh orangtua melalui Komite MAN 9. Alhamdulillah hari ini pengurus komite turut hadir dalam acara penutupan,” lanjut Yessy.

Kegiatan yang berlangsung selama empat hari ini, tiga harinya diisi dengan materi-materi keagamaan yang disampaikan oleh beberapa pendidik MAN 9 dan beberapa narasumber dari Yayasan Nur Semesta. Guru yang menjadi narasumber taushiyah Peran yaitu Syaifulloh, S.Ag., Muchlis, S.Ag., dan Abdurrob Syahidil Hayyi, S.Ag.

Dan hari terakhir, kegiatan Pesantren Ramadhan ditutup dengan beberapa perlombaan, yaitu: Kaligrafi, MHQ (Musabaqah Hifzhil Qur’an), MSQ (Musabaqah Syarhil Qur’an), MFQ (Musabaqah Fahmil Qur’an), Nasyid, dan Video Moderasi Beragama yang diikuti oleh perwakilan masing-masing kelas X dan XI.

Berikut ini para juara Pesantren Ramadhan 1443 H ;

Kaligrafi. Juara 1 diraih oleh Muhamad Farhan (X IPS 2), juara 2 diraih oleh Muhammad Guntur Fahri Rahman (X IPS 1, dan juara 3 diraih oleh Tiara Novia Syafitri (X AGAMA).

MHQ (Musabaqah Hifzhil Qur’an). Juara 1 diarih oleh Naila Salma Al Fariha (XI AGAMA), juara 2 diraih oleh Muhammad Mushthafa Masyhur (XI MIPA 3), dan juara 3 diraih oleh Annida Fauziyah (XI MIPA 2).

MSQ (Musabaqah Syarhil Qur’an). Juara 1 diraih oleh kelas XI AGAMA, juara 2 diraih oleh kelas X AGAMA, dan juara 3 diraih oleh kelas XI IPS 1.

MFQ (Musabaqah Fahmil Qur’an). Juara 1 diraih oleh kelas XI IPS 1, juara 2 diraih oleh kelas XI AGAMA, dan juara 3 diraih oleh kelas XI MIPA 2.

Nasyid. Juara 1 diraih oleh kelas X MIPA 2, juara 2 diraih oleh kelas XI IPS 1, dan juara 3 diraih oleh kelas XI MIPA 3.

Video Moderasi Beragama. Juara 1 diraih oleh kelas X AGAMA, juara 2 diraih oleh X IPS 2, dan juara 3 diraih oleh XI IPS 1.

Selain memberikan apresiasi kepada pemenang lomba keagamaan, MAN 9 juga memberikan apresiasi kepada santri/santriwati terbaik yang dinilai baik dalam kuantitas kehadiran, kualitas ibadah dan pengisian mutabaah Ramadhan, khatam tilawah Al-Qur’an selama Ramadhan minimal dua kali, serta berperan aktif selama kegiatan Pesantren Ramadhan 1443 H.

Santri/wati terbaik tersebut yaitu: Aditama Hidayah Putra (X IPS 2) dan Saabira Ran Dzikrullah (X MIPA 3), untuk kelas X. Untuk kelas XI diperoleh oleh Muhammad Aslam Siddiq (XI MIPA 3) dan Anggie Ghaniyya Putri (XI MIPA 3) untuk kelas XI.

“Alhamdulillah acara berjalan lancar dan antusias peserta didik dalam mengikuti lomba ini sangat besar. Saya juga berharap, nantinya pembiasaan-pembiasaan baik selama Ramadhan juga akan terus berlanjut di luar bulan Ramadhan,” ujar Asmawati, Ketua Panitia kegiatan Pesantren Ramadhan 1443 H.

Usai penutupan PeRan, guru dan seluruh peserta didik beserta pengurus komite MAN 9 melakukan mushofahah./UAR

Terkait