Berita

Semangat Baru Warnai Peringatan HAB Ke-75 Kementerian Agama RI

Selasa, 5 Januari 2021
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Inmas) – Di usia 75 tahun Kementerian Agama, KaKanwil mengajak para ASN untuk memaknai segala prestasi yang telah dicapai serta sebagai momentum untuk menambah niat dan motivasi dalam menggapai capaian yang lebih baik lagi.

Hal ini disampaikan Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta Saiful Mujab saat membacakan sambutan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas pada upacara Hari Amal Bakti Ke-75 Kementerian Agama RI, di Halaman Kanwil Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta, Selasa (05/01).

Saat membacakan sambutan Menag, Kakanwil mengingatkan terkait semangat Kementerian Agama baru dan semangat baru dalam mengelola Kementerian Agama, “Semangat Kementerian Agama baru itu dapat diterjemahkan ke dalam tiga kata kunci,” ujarnya.

Pertama, manajemen pelayanan dan tata kelola birokrasi yang harus semakin baik. Hal ini termasuk pelayanan penyelenggaraan haji dan umrah, pendidikan agama dan keagamaan, serta pusat pelayanan keagamaan.

Kedua, penguatan moderasi beragama, “Salah satu penekanan moderasi beragama adalah pada penguatan literasi keagamaan, budaya toleransi, dan nilai-nilai kebangsaan,” kata KaKanwil.

Ketiga, persaudaraan, yang meliputi merawat persaudaraan umat seagama, memelihara persaudaraan sebangsa dan setanah air dan mengembangkan persaudaraan kemanusiaan.

“Mari mengedepankan akal sehat dan hikmah/kebijaksanaan dalam menyikapi berbagai persoalan keumatan dan kebangsaan saat ini maupun di masa datang,” tutur KaKanwil.

Dalam upacara ini, KaKanwil juga menyematkan Satya Lencana Karya Satya kepada perwakilan ASN masa bakti 30 tahun, 20 tahun dan 10 tahun.  Dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng sebagai bentuk Tasyakuran HAB Ke-75 Kementerian Agama.

Terkait