Berita

Seksi Pendidikan Islam Selenggarakan Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan

blog

Pulau Tidung, Jakarta (Humas Kepulauan Seribu) -- Seksi Pendidikan Islam (Pendis) Kantor Kemenag Kabupaten Kepulauan Seribu menyelenggarakan Pembinaan bagi Guru dan Tenaga Kependidikan pada Raudhatul Athfal (RA) dan madrasah yang berada di Pulau Tidung. Kamis, (17/10/2024).


Kegiatan tersebut diselenggarakan di ruang kelas MIN 17 Pulau Tidung gedung lama, dengan tujuan pelaksanaan kegiatan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di Madrasah yang berada di lingkungan Kantor Kemenag Kabupaten Kepulauan Seribu.


Mengawali acara, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Kepulauan Seribu, Nasruddin berkenan untuk membuka acara sekaligus menyampaikan arahan.


Dalam arahannya beliau mengatakan bahwa guru merupakan sebuah profesi yang mulia.


"Guru adalah seorang pendidik sebagai insan yang mulia dan berjasa karena merekalah yang bertanggungjawab mendidik manusia bagi melahirkan generasi yang cerdas dan cakap serta sanggup melaksanakan tugas terhadap diri, keluarga, masyarakat dan negara", ungkap Nasruddin.


Kemudian Nasruddin menyampaikan bahwa sebagai ASN, baik guru maupun tenaga kependidikan setiap akan melakukan pekerjaannya harus memperhatikan dan memenuhi regulasi yang berlaku dan memberikan contoh kedisiplinan yang baik terhadap anak didiknya.


"Saya ingin setiap gaya bekerja kita itu harus sesuai dengan regulasi yang berlaku, maka saya ingin untuk seluruh ASN Kemenag baik guru, tenaga kependidikan ataupun yang lainnya harap sebelum melakukan sesuatu hal urusan pekerjaan dan birokrasi, gaya kerjanya harus sesuai regulasi yang berlaku", tegasnya.


Lebih lanjut, Nasruddin menyampaikan hal terkait disiplin guru. "Guru adalah panutan bagi siswa. Tindakan dan sikap guru akan sangat mempengaruhi perilaku siswa. Ketika guru menunjukkan disiplin dalam berbagai aspek, seperti ketepatan waktu, penyelesaian tugas, dan mematuhi aturan sekolah, siswa akan lebih cenderung meniru perilaku tersebut. Guru yang disiplin akan hadir tepat waktu di kelas, mempersiapkan materi dengan baik, dan menjaga ketertiban selama proses belajar mengajar. Hal ini memberikan contoh nyata bagi siswa tentang pentingnya disiplin dalam kehidupan sehari-hari", ujar Nasruddin.


Kemudian Nasruddin menambahkan, majunya dunia pendidikan itu bisa dari dua hal, yang pertama fasilitasnya dan yang kedua ciri khasnya.


Nasruddin mengatakan bahwa "Kemenag memiliki kelebihan dalam ciri khasnya yaitu dalam pembelajaran adanya metode gasing dan amsilati, dua hal ini menjadi sebuah keunggulan metode belajar pada madrasah di bawah Kemenag untuk mewujudkan madrasah maju, bermutu, mendunia", ungkapnya.


Diakhir arahan, Nasruddin mengingatkan bahwa dalam waktu dekat ini akan berlangsung pemilu pilkada. 

 
"Kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Kemenag baik guru, tenaga kependidikan maupun yang lainnya saya himbau kita harus bersikap netral jangan ikut berkampanye dan berpolitik praktis.


ASN harus tetap netral dan tidak terlibat dalam politik praktis. ASN juga memiliki tanggung jawab untuk melaksanakan tugas dan memberikan pelayanan secara adil kepada pihak mana pun. Netralisasi ini dijaga untuk memastikan integritas serta kredibilitas Kemenag Kabupaten Kepulauan Seribu di mata masyarakat", pungkasnya.


Sementara itu, Kasi Pendidikan Islam (Pendis) Kantor Kemenag Kabupaten Kepulauan Seribu, Sutama dalam sambutannya dikesempatan tersebut menyampaikan harapannya dengan kepemimpin Kepala Kemenag yang baru.


"Kami berharap dibawah kepemimpinan Kepala Kantor Kemenag yang baru dapat membawa perubahan dari yang baik menjadi lebih baik lagi, utamanya dalam mengembangkan dan memajukan Kepulauan Seribu khususnya dalam bidang keagamaan dan pendidikan keagamaan”, ujar Sutama. 


Lebih lanjut Sutama mengatakan bahwa dengan telah selesainya pembangunan gedung baru MIN 17 Kepulauan Seribu di Pulau Tidung, diharapkan dapat menambah semangat belajar bagi siswa - siswi nya serta dapat meningkatkan pula prestasi - prestasi yang dicapai oleh MIN 17 Kepulauan Seribu.


"Kami berharap dengan selesainya pembangunan gedung baru MIN 17 Kepulauan Seribu ini bisa meningkatkan semangat belajar dan memotivasi para siswa - siswinya untuk terus berprestasi baik di dalam maupun di luar madrasah," ungkap Sutama.


Sedangkan dikesempatan lain, Jihadi yang mewakili Kepala MIN 17 Kepulauan Seribu menyampaikan ucapan terimakasihnya atas terselenggaranya kegiatan pembinaan ini.


"Atas nama keluarga besar MIN 17 Kepulauan Seribu, kami berterima kasih atas diadakannya kegiatan pembinaan ini, mudah - mudahan kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas pembelajaran kami serta menjadi motivasi baru dalam membangun kontruksi jiwa dan memompa semangat kami dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab kami sebagai guru dan tenaga kependidikan", ujarnya.


Hadir dalam acara tersebut,  Kasubbag TU Kantor Kemenag Kabupaten Kepulauan Seribu, Kasi Pendidikan Islam Kantor Kemenag Kabupaten Kepulauan Seribu beserta staf, Pengawas RA dan Madrasah, Para guru serta para tenaga kependidikan yang berada di Pulau Tidung.

  • Tags:  

Terkait

Menu Aksesibilitas

Mode Suara

Ukuran Teks

Monokrom

Tandai Tautan

Tebalkan Huruf

Perbesar Kursor