Berita

Sekjen : Guru Madrasah Harus Siap Mengawal Perkembangan Teknologi

Senin, 16 Desember 2019
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Inmas) --- Sekretaris Jenderal Kemenag RI Nur Kholis Setiawan didampingi KaKanwil Kemenag Provinsi DKI Jakarta Saiful Mujab membuka kegiatan Seminar Pendidikan Nasional, Senin (16/12).

Seminar ini mengusung tema, Peran Teknologi Informasi Dalam Membangun Peradaban Bangsa Menuju Indonesia Maju. Kegiatan yang diadakan DPW PGMI Provinsi DKI Jakarta ini sekaligus memperingati Hari Guru Nasional 2019 dan Milad DPW PGMI Provinsi DKI Jakarta ke-4.

Menyikapi terkait tantangan di dunia pendidikan yang semakin berat, menurut Sekjen, semakin dihadapkan dengan berbagai tantangan di dunia pendidikan, maka seharusnya semakin besar keyakinan para tenaga pendidik dan kependidikan untuk bisa menghadapi tantangan tersebut.

“Semakin kita dihadapkan pada dinamika berbagai tantangan di dunia pendidikan, maka harus semakin besar keyakinan kita bahwa kita mampu menghadapi tantangan tersebut,” ujar Nur Kholis.

“Guru madrasah harus siap mengawal perkembangan teknologi, karena perkembangan teknologi ini dapat berpengaruh kepada perubahan tingkah laku peserta didik. Sehingga guru madrasah harus mampu mengawal dan mengarahkan peserta didik agar tetap memiliki akhlak yang mulia,” imbuh Sekjen.

Hal senada juga disampaikan KaKanwil, salah satu tantangan yang ada di dunia pendidikan adalah peran teknologi informasi, “Tenaga pendidik dan kependidikan harus mampu menghadapi era globalisasi. Salah satunya peran informasi teknologi yang saat ini sudah banyak berkembang,” ujarnya.

KaKanwil berharap agar tenaga pendidik dan kependidikan mampu beradaptasi dengan perkembangan jaman dan terus mengawal peserta didik agar senantiasa mendapatkan dampak positif dari berbagai perkembangan, salah satunya perkembangan informasi teknologi.

Kegiatan seminar ini turut dihadiri narasumber Zulfikar Alimudin, Yudhi Latief, Bahrul Hayat dan Nur Pawaidudin.

Terkait