Berita
Haji

Sebanyak 370 peserta Ikuti Seleksi Tahap Pertama PPIH Kloter Dan PPIH Arab Saudi

Sabtu, 23 Desember 2023
blog

Jakarta (Humas) --- Kanwil Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta menyelenggarakan Seleksi PPIH Kloter Dan PPIH Arab Saudi Tahap 1 Tahun 1445H/2024M.

 

Kepala Bidang PHU menyampaikan bahwa proses seleksi ini dilakukan dalam rangka memotret kompetensi, pengetahuan dan pemahaman, motivasi serta dedikasi para calon petugas haji.

 

"Nantinya petugas haji yang terpilih adalah mereka yang benar - benar memiliki kompetensi yang memadai, pengetahuan yang mumpuni serta motivasi dan semangat melayani tamu Allah, " ujar Saiful Amri saat membacakan Sambutan Dirjen PHU di Aula Jayakarta, Sabtu (23/12).

 

Sambungnya, Kementerian Agama menaruh perhatian besar terhadap proses rekrutmen petugas haji yang merupakan salah satu faktor penting untuk tercapainya keberhasilan penyelenggaraan ibadah haji.

 

"Petugas haji harus memiliki kompetensi, pengetahuan dan motivasi agar tercapainya penyelenggaraan ibadah haji, " imbuhnya.

 

Dalam proses seleksi PPIH, Kabid PHU menyampaikan peserta harus melengkapi seluruh persyaratan teknis dan administrasi yang ditetapkan.

 

"Tahap pertama dilaksanakan pada Kanwil Kemenag Provinsi dan Kankemenag Kota/Kab terkait penilaian administrasi dan tes kompetensi (CAT)," ungkapnya.

 

"Tahap kedua dilaksanakan pada Kanwil Kemenag Provinsi terkait tes kompetensi (CAT) dan wawancara, " tambahnya.

 

Sedangkan Ketua Tim Kerja Fungsi Bina Haji Reguler dan Advokasi Haji menjelaskan bahwa tujuan pelaksanaan seleksi ini untuk mempersiapkan calon petugas Haji Tahun 1445H/2024M yang terukur dan akuntabel di Provinsi DKI Jakarta.

 

"Sehingga mendapatkan hasil seleksi calon petugas Haji sesuai dengan ketentuan dan dasar hukum, " harap Nur Triono usai pelaksanaan CAT Petugas Haji.

Terkait