Berita

Presiden Jokowi Buka Musabaqah Tilawatil Quran Ke XXVIII

Ahad, 15 November 2020
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Padang (Inmas) --- Presiden Jokowi mengatakan, MTQ Nasional bukanlah acara perlombaan semata, tapi juga sebagai syiar kepada masyarakat untuk bisa mempedomani Alquran.

“MTQ Nasional tidak hanya wahana untuk berlatih dan berlomba, tapi untuk meningkatkan kesadaran umat dalam membumikan Alquran,” ujar Jokowi terlihat di monitor berukuran besar tersebut.

Dengan menerapkan nilai-nilai yang terkandung dalam Alquran, kata Jokowi, diharapkan ukhuwah umat pun bisa terbentuk. Terlebih di tengah Pandemi Covid-19 ini. Semua pihak harus saling bahu-membahu untuk membantu dan berbagi.

“Saya yakin atas pertolongan Allah dan ikhtiar kita, kita bisa kembali bangkit,” ucapnya.

Lalu, Jokowi juga mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Sumbar sebagai pihak penyelenggara, dan kepada peserta, dia pun berharap keikutsertaan mereka bisa menjadi sarana untuk mengembangkan syiar Islam di Indonesia.

“Dengan mengucapkan bismillah, acara MTQ Nasional ke-28 tahun 2020 secara resmi saya buka,” kata Jokowi.

MTQ Ke 28 ini mengusung tema, Mewujudkan SDM yang Unggul, Profesional dan Qurani Menuju Indonesia Maju.

Dan terdapat delapan cabang yang akan diperlombakan pada MTQN 2020. Delapan cabang itu adalah seni baca Alquran, Qira'atal Quran, hafalan Alquran, tafsir Alquran, fahmil Alquran, seni kaligrafi Alquran, syarhil Alquran, dan karya tulis ilmiah Alquran.

Dalam Pantauan humas, acara pembukaan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan. Perwakilan kafilah, pejabat publik, dan masyarakat yang duduk di kursi tribun harus menerapkan physical distancing. Dan semua yang datang juga wajib menggunakan masker.

  • Tags:  

Terkait