Berita

Praja Muda Karana (Pramuka) Dapat Menebarkan Kemaslahatan Bagi Sesama

Rabu, 28 November 2018
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Inmas) --- Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan bahwa gerakan Praja Muda Karana (Pramuka) tidak dapat dinilai dari penampiln fisik atau wujud lahiriyah, tetapi dalam hatinya dan aksi nyatanya memberikan kemaslahatan bagi sesama.

Dalam isi Dasa Dharma Pramuka yang meresap pada diri kita, pada hakekatnya sebagai pengejawantahan manifestasi dari nilai-nilai agama dari nilai-nilai Islam di bumi Persada Nusantara.

“ Takwa kepada Tuhan YME, Cinta alma dan kasih sayang pada sesama manusia, rela menolong dan diakhiri dengan suci dalam pikiran dan perbuatan itu, hakekatnya adalah nilai – nilai agama dan nilai islam,” ujarnya dihadapan ribuan peserta perkemahan madrasah di Cibubur.

Menag juga berpesan bahwa Pramuka Indonesia yang berasal dari madrasah dan lembaga pendidikan islam, senanatiasa menjadikan pramuka menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari aktivitas madrasah di tanah air.

Beliau juga menambahkan bahwa Kementerian Agama telah menyelenggarakan perkemahan pramuka tingkat daerah maupun nasional. Pertama, Perkemahan Pramuka tingkat nasional di lingkungan madrasah, Kedua, perkemahan Pramuka nasional di lingkungan Pondok Pesantren Dan ketiga, Perkemahan Pramuka tingkat nasional di lingkungan perguruan tinggi keagamaan Islam Negeri di tingkat nasional.

“ Karenanya saya mengapresiasi apa yang diinisiasi oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama DKI Jakarta yang menyelenggarakan perkemahan Pramuka di tingkat provinsi dan diharapkan dapat diselenggarakan setiap tahunnya,” imbuh Menag.

Untuk memahami gerakan pramuka, pada hakikatnya adalah bentuk pengamalan ajaran agama islam dan esensi subtansi dari ajaran agama islam itu, yaitu menebarkan rahmat sesama tapi bagi alam semesta.

“ Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan dasa darma kita yang kedua adalah cinta alam dan kasih sayang kepada sesama manusia. Itulah esensi ajaran Islam mendapatkan kedamaian,” jelasnya.

Di akhir sambutan, Menag berpesan Praja Muda Karana (Pramuka) sebagai orang yang terampil, bagaimana mampu menebarkan kemaslahatan bagi sesama.

“ Gerakan pramuka Indonesia tentu tidak kalah pentingnya kita wujudkan dalam kehidupan keseharian dalam lingkungan kita masing – masing,” pesannya. /MM

  • Tags:  

Terkait