Berita

PMR MIN 21 Jakarta Turut Serta Temu Karya Relawan PMI Se-DKI Jakarta

Rabu, 15 November 2017
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta, (Humas MIN 21) --- Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi DKI Jakarta menggelar kegiatan Temu Karya Relawan (TKS) PMI Tingkat Provinsi DKI Jakarta ke-2 di Bumi Perkemahan Cibubur pada 1-5 November 2017 lalu. Pada kegiatan ini, seluruh relawan PMI se- DKI Jakarta berkumpul bersama, termasuk Pembina Palang Merah Remaja (PMR) Madrasah Ibtidaiyah Negeri 21 Jakarta.

 

Pada kegiatan TKR, hadir Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sekaligus menjadi Inspektur Upacara  pada upacara pembukaan.  Dalam sambutannya, Anies memberikan apresiasi kepada anggota PMI yang telah membaktikan diri untuk kepentingan masyarakat. Lebih lanjut, ia mengatakan PMI memiliki peranan yang penting dan strategis dalam kehidupan bermasyarakat.

 

Kegiatan hari ini, kata Anies, merupakan ajang untuk saling bertukar pengalaman dan saling berbagi ilmu dalam bidang kemanusiaan. "Prinsipnya dasar seperti ini sebarkan kepada lingkungan kita. Pastikan lingkungan kita memiliki pemahaman keterampilan, tindakan kebencanaan, dan P3K," kata Anies, Kamis (2/11).

 

"Anda adalah garis terdepan. Jangan berhenti di sini. PMI adalah garis depan, PMI adalah penggerak. Saya berharap keterampilan, semangat dan pengetahuan ini bisa menjadi kampanye untuk lingkungan kita masing-masing," ucap Anies.

 

Adalah  Muhibatun, yang berkesempatan mewakili Forum Pembina PMR MIN 21 Jakarta untuk turut serta dalam Kontingen PMI Jakarta Timur. Pada kesempatan itu Muhibatun mengakui dirinya merasa bangga dapat terlibat langsung menjadi seorang relawan PMI.

 

"Dengan kegiatan Temu Karya Relawan saya mendapat pengalaman lebih tentang evaluasi pembinaan, untuk itu dari pengalaman ini pula saya dapat mendidik PMR MIN 21 Jakarta agar lebih baik lagi dan berusaha semaksimalkan mungkin agar anak didik saya menjadi PMR yang handal," ucap Muhibbatun.    

 

Kegiatan Temu Karya merupakan salah satu strategi pembinaan dan pengembangan Sukarelawan yang dikemas dalam bentuk evaluasi dan pembinaan. Ajang ini juga merupakan wadah bagi para sukarelawan PMI untuk bertemu dan sharing pengetahuan dan informasi. "Serta bersama-sama memantau dan mengevaluasi pembinaan yang telah dilaksanakan PMI sekaligus merancang peran dan kegiatan Sukarelawan untuk mendukung dan melaksanakan program peningkatan organisasi dan pelayanan PMI," jelas Muhibatun.

 

Sementara itu, di tempat terpisah Kepala MIN 21,  Faozi mengapresiasi kegiatan ini. "Kegiatan ini dapat meningkatkan pembekalan materi maupun praktek lapangan bagi para pembimbing PMR di setiap sekolah, khususnya PMR MIN 21 Jakarta agar lebih konsisten dalam kegiatan kepalang merahan Indonesia," kata Faozi

 

Hadir pada acara upacara pembukaan TKR 2 itu antara lain, Walikota dari 5 Kota di Jakarta serta Bupati Kepulauan Seribu. Juga hadir Ketua PMI DKI Jakarta, Muhammad Ali Reza selaku Ketua Pelaksana TKR 2, serta seluruh Ketua PMI 6 Wilayah (Pusat, Timur, Barat Selatan, Utara dan Kepulauan Seribu). (Humas MIN 21 JKT /ilm/ ilm)

  • Tags:  

Terkait