Berita

Plt Ka Kanwil : Jadikan Website Resmi Kanwil Kemenag DKI Sebagai Sentral Informasi

Senin, 20 November 2017
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

 

Jakarta (Inmas) ---  Website resmi Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta merupakan sarana bagi madrasah di DKI Jakarta untuk menyebarkan informasi terkait program dan prestasi yang dimiliki. Demikian disampaikan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta Sadirin saat membuka kegiatan Workshop Perancangan Pembelajaran dan Penilaian Autentik Kurikulum 2013 di Madrasah Aliyah Negeri 5 Jakarta.

 

“Keberhasilan dan prestasi siswa serta program dari sekolah dapat di upload ke website Kanwil Kemenag DKI Jakarta. Dan website Kanwil dijadikan sentral informasi, yang dapat di akses oleh seluruh masyarakat,” kata Sadirin di  Jakarta, Jumat (17/11).

 

Prestasi maupun inovasi yang dilakukan madrasah menurut Sadirin patut disebarkan melalui website resmi, agar masyarakat lebih mengetahui eksistensi madrasah. Untuk itu, Sadirin pun meminta kepada Kepala Madrasah MAN 5 dan jajarannya untuk merekap hasil capaian kerja guru dan tenaga kependidikan di MAN 5 Jakarta.

 

“Rekap selama satu tahun apa yang dicapai, yang outputnya bagus atau yang biasa-biasa saja,” ujar  mantan Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Provinsi DKI Jakarta ini mengingatkan.

 

Untuk membuat program yang bagus di madrasah, maka perlu dilakukan perencanaan yang baik bagi madrasah. Hal  ini bertujuan agar  selalu ada perbaikan dalam penyelenggaraan pelayanan pendidikan di madrasah.

 

“Menteri Agama menginginkan suatu kegiatan jangan sampai kegiatan itu menjadi rutinitas, atau membuat program yang copy paste,” imbuh Sadirin  yang didampingi Kepala MAN 5 Jakarta, H Hasan Yeubun.

 

Dengan perencanaan yang baik Sadirin berharap program yang lahir pun merupakan program yang inovatif.  Pada workshop yang dihadiri oleh seluruh aparatur sipil negara (ASN) MAN 5 Jakarta beserta anggota Kelompok Kerja Madrasah (KKM) MAN 5 Jakarta tersebut, Sadirin juga mengingatkan bahwa setiap pejabat harusn menjadi agen perubahan.

 

“Semua pejabat diminta menjadi agen perubahan. Artinya, jangan melaksanakan tugas yang biasa-biasa saja,” lanjut Sadirin.

 

Menjadi agen perubahan sehingga menghasilkan program inovatif yang layak dipublikasikan melalui website pun tak mudah, dibutuhkan kerja sama semua pihak. Oleh karena itu Plt Kakanwil  merasa  rapat kerja merupakan sarana  paling tepat untuk penyusunan program.

 

“Rencana anggaran disusun dalam rapat kerja, dan hasilnya di pleno kan. Keputusan rapat kerja adalah tanggung jawab seluruh peserta rapat”, tegas Sadirin.

 

Menurut Sadirin, akhir tahun adalah waktu yang tepat untuk melaksanakan evaluasi dan perencanaa. “Tugas ibu/bapak di akhir tahun ini adalah menyusun Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian Negara/Lembaga (RKAKL), yang kemudian sebentar lagi membuat Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah (RKAM)”, jelas Sadirin.

 

Workshop Perancangan Pembelajaran dan Penilaian Autentik Kurikulum 2013 Pada Guru MAN 5 Jakarta dan MA Swasta se-KKM (Kelompok Kerja Madrasah) 5 Jakarta Utara berlangsung pada tanggal 18-19 Nopember 2017. Peserta kegiatan workshop diikuti oleh 52 orang, yang terdiri dari Kepala Tata Usaha (TU), Guru, Staff TU MAN 5, serta guru-guru MA swasta se-KKM 5 Jakarta Utara. /s.regar/ilm

 

  • Tags:  

Terkait