Berita
Pesparawi 2024

Pesparawi DKI Jakarta 2024, Kemenag: Momentum Strategis Kerukunan Umat Beragama

Sabtu, 26 Oktober 2024
blog

Kepala Kanwil Kemenag DKI Jakarta, Adib memberikan sambutan pada Kegiatan Pesparawi Tingkat DKI Jakarta

Jakarta (Humas Kemenag DKI) - Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) tingkat Provinsi DKI Jakarta 2024 resmi dibuka oleh Dirjen Bimas Kristen Kemenag RI, DR. Jeane Marie Tulung pada Sabtu (26/10/2024). Event yang digelar tiga tahun sekali ini diharapkan tidak sekadar ajang kompetisi, namun juga menjadi wadah pembinaan mental dan spiritual umat Kristiani di DKI Jakarta.

 

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama DKI Jakarta, Dr. H. Adib, M.Ag menyambut positif penyelenggaraan Pesparawi ini. Menurutnya, kegiatan ini sejalan dengan tujuan pembangunan di bidang keagamaan, khususnya dalam meningkatkan kualitas pemahaman dan pengamalan ajaran agama masyarakat.

 

"Kementerian Agama mendukung penuh pelaksanaan Pesparawi ini sebagai momentum. strategis dalam meningkatkan suasana kerukunan hidup umat beragama yang harmonis di Jakarta," ujar Adib dalam sambutannya.

 

Lebih lanjut, Adib menekankan bahwa harmonisasi nada dan lagu bernafaskan nilai-nilai Kristiani dalam Pesparawi dapat menjadi manifestasi nyata dalam mempererat hubungan dan relasi sosial antarumat beragama di Jakarta.

 

Event yang menghadirkan berbagai kontingen dari denominasi gereja se-DKI Jakarta ini juga diharapkan dapat memupuk tali persaudaraan dan rasa kebersamaan antarumat Kristiani. "Ini bukan sekadar lomba, tapi juga wadah untuk mengembangkan kreativitas seni budaya dalam tata ibadah," tegas Adib.

 

Di tengah pesatnya perkembangan teknologi dan arus globalisasi, Pesparawi diyakini dapat menjadi benteng pertahanan nilai-nilai spiritual. Melalui ajang ini, pertukaran pengetahuan dan pengalaman antarpeserta dari berbagai denominasi gereja dapat terjalin lebih erat.

 

"Kami berharap ibadah syukur dan puji-pujian kepada Tuhan melalui Pesparawi ini menjadikan Jakarta senantiasa diberkahi dan dilindungi Tuhan Yang Maha Esa," ungkap Adib penuh harap.

 

Dalam pelaksanaannya, para peserta akan menampilkan kemahiran mereka dalam membawakan paduan suara gerejawi. Kegiatan ini tidak hanya mengasah kemampuan bermusik, tetapi juga menjadi sarana pembinaan mental dan spiritual yang efektif.

 

Pesparawi tingkat Provinsi DKI Jakarta 2024 diikuti oleh kontingen dari berbagai gereja dan lembaga keagamaan yang ada di Jakarta. Event yang rutin digelar tiga tahun sekali ini menjadi bukti harmonisnya kehidupan beragama di Ibu Kota.

 

"Dengan berlangsungnya Pesparawi ini, Kanwil Kemenag DKI akan mewujudkan kerukunan antarumat beragama sekaligus meningkatkan kualitas kehidupan beragama di Jakarta melalui pendekatan seni dan budaya yang inklusif," pungkasnya.


Sekedar informasi kegiatan ini mengusung tema, Dengan nyanyian Aku bersyukur kepada-Nya.Dan dilaksanakan selama dua hari, mulai 26 - 27 Oktober 2024 di sekolah BPK Penabur, Kelapa Gading dan Gereja Toraja.


Turut hadir, Dirjen Bimas Kristen Kemenag RI, Pembimas Kristen Kanwil Kemenag DKI Jakarta, Kepala Kanwil Kemenag DKI Jakarta, Para penyelenggara Kristen tingkat Kota, Ketua Umum Lembaga Pengembangan Pesta Paduan Suara Gerejawi Daerah (LPPD) Provinsi Daerah Khusus Jakarta, Para tokoh Agama, dan seluruh peserta dan panitia PESPARAWI.

  • Tags:  

Terkait

Menu Aksesibilitas

Mode Suara

Ukuran Teks

Monokrom

Tandai Tautan

Tebalkan Huruf

Perbesar Kursor