Berita

Peringati Hari Hardiknas ”Wajib Mencari Ilmu”

blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Humas MAN 17 Jakarta)---Tanggal 2 Mei hari kelahiran Ki Hajar Dewantara, tokoh pahlawan nasional Sekaligus Bapak Pendidikan Nasional. Madrasah Aliyah Negeri 17 Jakarta adakan upacara Hardiknas dalam rangka memperingati hari Pendidikan Nasional sekaligus memperingati hari kelahiran Ki Hajar Dewantara kamis (2/5).

Ahmad Saifullah dalam arahannya tujuan Ki hajar Dewantara berjuang karena pendidikan itu sangat penting sejalan dengan ajaran agama islam ayat yang diturunkan surat al-alaq dengan membaca kita akan menambah kosa kata dan ilmu pengetahuan, diharapkan juga bangsa Indonesia tidak tertinggal sehingga bisa setara dan sejajar dengan bangsa lain.

Menurutnya, Ada tiga tujuan dalam belajar yaitu pertama mintalah keridhoan allah yang amat tinggi harganya, pasang niat yang baik. Kedua mendapatkan hidayah artinya amalkan ilmu dalam kehidupan sehari-hari. Ilmu yang tidak diamalkan seperti pohon tidak berbuah.

"Ketiga menuntut ilmu diwajibkan oleh allah Swt, siapa yang beramal tanpa dilandasi dengan ilmu akan ditolak oleh allah SWT,” ujarnya dengan semangat.

Lela susilawati menambahkan, bahwa tujuan pendidikan nasional sesuai sistem Pendidikan Nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berilmu, cakap kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

"Kami selaku pendidik MAN 17 Jakarta akan berusaha semaksimal mungkin untuk menciptakan siswa yang berkarakter, untuk mencapai tujuan itu peserta didik wajib mencari ilmu,’’ katanya penuh semangat.

Hal senada juga disampaikan Nizar kelas XI IPS bahwa mencari ilmu itu wajib, orang memiliki ilmu lebih tinggi derajatnya.

"Kami akan berusaha belajar semaksimal mungkin semoga saya bisa lulus tahun depan dan bisa masuk PTN,” ujar ketua OSIS. /Humas MAN 17 Jakarta.

Terkait