Berita

Perdana, Keberangkatan Jakarta, Kloter 1 JKG Bertolak Ke Arab Saudi

Jumat, 26 Mei 2023
blog

Jakarta (Humas) - Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Dirjen PHU) Hilman Latief melepas keberangkatan kelompok terbang (kloter) 1 calon jemaah haji Embarkasi Jakarta - Pondok Gede (JKG), di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta, Selasa (23/05/2023).

Sebanyak 10 bis DAMRI disiapkan untuk mengangkut rombongan yang terdiri dari 385 jemaah haji dan lima orang petugas dari Asrama Haji Pondok Gede menuju Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten dan akan diberangkatkan menuju Bandar Udara Internasional Pangeran Mohamad bin Abdul Aziz Madinah pukul 00.30 WIB menggunakan maskapai Garuda Indonesia.

Prosesi pelepasan Kloter 1 ditandai dengan penyerahan pataka bendera Merah Putih oleh Dirjen PHU Hilman Latief kepada petugas. Dalam sambutannya, Hilman mengatakan seluruh petugas baik di Jakarta maupun di Arab Saudi siap melayani dengan sepenuh hati.

“Bapak dan Ibu kalau hal yang memerlukan bantuan, jangan sungkan untuk bilang ke petugas, kami siap melayaninya dengan sepenuh hati,” ujar Hilman saat memberikan arahan.

Hilman juga berpesan kepada jemaah untuk memasrahkan semuanya kepada Allah dan menjaga kesehatan, mengingat cuaca panas di Arab Saudi mencapai hingga 40 derajat, “Ibadah haji memerlukan keyakinan, kesehatan dan keikhlasan lahir dan batin,” sambungnya.

Berdasarkan data yang dihimpun dari Siskohat Haji 2023 untuk kloter 1 asal Jakarta Selatan, usia jemaah tertua 82 tahun dan termuda 24 tahun.

Estimasi masa tunggu jemaah haji asal DKI mencapai 20 tahun. Salah satu jemaah yang mendaftar adalah Devi Kusuma Wardani (24) menjadi jemaah haji termuda dari kloter 1 ini yang berangkat bersama ibu dan kedua kakaknya.

Devi menceritakan, saat itu usai pulang sekolah diajak oleh orang tuanya ke salah satu travel haji dan umrah di Jakarta Selatan. Saat itu Devi masih anak-anak hanya menuruti ajakan ibunya, tanpa tahu akan didaftarkan sebagai jemaah haji.

Ia tak menyangka akan berangkat tahun ini, “Karna masa tunggunya yang lumayan lama, aku sampai gak sadar kalau ternyata berangkat tahun ini,” ujar Devi.

Saat mengetahui dirinya akan berangkat di tahun ini, Devi bersama keluarganya menyelesaikan administrasi dokumen seperti Saudi Visa Bio (SVB) dan lebih intens berolahraga menyiapkan fisik yang prima.

  • Tags:  

Terkait