Berita

Peran Protokoler di Kanwil Kemenag DKI

Kamis, 12 April 2018
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta -- (Inmas) Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Prov. DKI Jakarta, melaksanakan Bimtek Keprotokolan dan MC Tingkat Dasar.

Bimtek di laksanakan selama dua hari yaitu Selasa-Rabu (10-11/4) bertemakan “Mengoptimalkan Karakter Protokol / MC Sebagai Patron Dalam Keberhasilan Acara”.

Bimtek Keprotokolan dan MC ini dilaksanakan oleh Sub Bagian Umum Kanwil Kemenag DKI Jakarta.

Hari kedua Bimtek di hadiri Pelaksana Tugas Kepala Bagian Tata Usaha (Plt. Kabag TU) Kanwil Kemenag DKI Jakarta H. Sugito.

Dalam kegiatan H. Sugito memberikan arahan kepada para peserta Bimtek.

“Seorang protokoler memiliki aspek yang penting dalam suatu acara, baik hal tata pengaturan tempat, tata upacara, tata penghormatan, dan seorang MC memastikan acara dapat berlangsung dengan lancar dan tepat waktu sesuai dengan susunan acara”, ungkap H. Sugito.

“Peran protokol dan MC dituntut bukan sekedar pembawa acara atau petugas yang mempersilahkan tamu, melainkan diajari mengenai teknik berkomunikasi yang baik dan benar. Bagaimana menjadi pribadi yang baik, pandai beradaptasi, kreatif, inisiatif, mempunyai kepercayaan diri serta mampu berfikir cepat dan tepat. Protokol selain harus cekatan dalam berkoordinasi dengan pihak internal, juga harus cakap dalam menjalin komunikasi dengan pihak luar”, tambah H. Sugito.

Keprotokolan itu sarat dengan pengaturan seperti:

1.   Apa / siapa yang diatur

2.   Kenapa harus diatur

3.   Siapa yang harus diatur

4.   Bagaimana cara mengatur

5.   Dimana harus diatur

Ruang lingkup tugas dan fungsi protokol yang menyangkut segi-segi keupacaraan tercermin di dalam banyaknya macam acara yang harus dilaksanakan, yaitu seperti:

a.   Penerimaan tamu / audiensi

b.   Kunjungan tamu

c.   Perjalanan ke daerah

d.   Pengaturan rapat

e.   Penyelenggaraan upacara hari besar

Nasional, pelantikan dan serah terima jabatan

Di akhir arahannya H. Sugito berharap dengan Bimtek Keprotokolan dan MC ini dapat memberikan pengetahuan yang lebih detail, dalam rangka lebih meningkatkan dan memantapkan lagi pemahaman mengenai keprotokolan, sehingga hasilnya dapat diimplementasikan ke dalam pekerjaan di unit / satkernya masing-masing agar dapat mewujudkan pelayanan protokoler dan MC yang lebih optimal, berkarakter, handal serta professional di lingkungan Kementerian Agama, terutama Kanwil Kemenag Prov. DKI Jakarta.

Peserta kegiatan terdiri dari Satker di lingkungan Kanwil Kemenag Prov. DKI Jakarta./s.regar

  • Tags:  

Terkait