Berita

Penyuluh Harus Mampu Berikan Pelayanan Informasi, Edukasi, Konsultasi, Advokasi Kepada Masyarakat

Selasa, 20 Agustus 2019
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Inmas) - Kepala Kanwil Kemenag DKI Jakarta Saiful Mujab membuka Pembinaan Kerukunan Umat Beragama di Wilayah DKI Jakarta. Kegiatan ini mengusung tema, Dengan dialog dan Deradikalisasi Dan Counter Radikalisasi, Kita Tingkatkan Dan Pertahankan Kerukunan Umat Beragama di Lingkungan Kanwil Kemenag DKI Jakarta.

Dalam sambutannya, Kakanwil menyampaikan bahwa Penyuluh adalah agen perubahan ditengah masyarakat yang membawa visi misi Kementerian Agama.

"Para Penyuluh sebagai ujung tombak Kemenag dalam memberikan pelayanan informasi, edukasi, konsultasi, advokasi kepada masyarakat," ujarnya.

Dalam hal memberikan informasi kepada masyarakat, penyuluh harus mampu memberikan informasi yang dapat dipertanggungjawabkan. Di era sekarang ini, Menurut KaKanwil penyebaran informasi melalui media sosial harus di teliti terlebih dahulu.

“Di era sekarang ini, informasi di media sosial sangat mudah disebarluaskan. Sebagai penyuluh yang memberikan informasi kepada masyarakat, harus lebih teliti didalam mendapatkan dan menginformasikan suatu berita,” ujar KaKanwil

“Jangan sampai berita yang diberikan menimbulkan konflik ditengah-tengah masyarakat. Penyuluh justru harus mampu memberikan informasi yang dapat dipercaya sehingga kerukunan umat beragama selalu terjaga, ” sambungnya.

Menurut KaKanwil, para penyuluh dapat saling bekerjasama membentuk jaringan networking terkait informasi yang didapat dan akan disebarluaskan kepada masyarakat serta merespon dengan cepat persoalan-persoalan ditengah masyarakat.

KaKanwil percaya bahwa para penyuluh dapat memberikan pelayanan terkait informasi, edukasi, konsultasi dan advokasi yang baik kepada masyarakat.

Hadir dalam kesempatan ini, Sebagai Narasumber Prof DR Ahmad Syafii Mufid dan Kepala Subbag KUB Kanwil Kemenag Provinsi DKI Taufik.

Serta 40 peserta yang terdiri dari para penyuluh PNS seluruh agama dilingkungan Kanwil Kemenag Provinsi DKI Jakarta. Selasa (20/08).

Terkait