Berita

Penyambutan Dyufurahman Jemaah Haji DKI Jakarta

Sabtu, 13 Oktober 2018
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Inmas) --- Kanwil Kemenag DKI Jakarta Saiful Mujab hadiri Penyambutan Dyufurahman Jemaah Haji Propinsi DKI Jakarta. Kegiatan ini mengusung tema Haji Mabrur Sepanjang Hayat. Sabtu (13/10).

“Kegiatan ini merupakan ajang silaturahmi dalam nuansa keagamaan yang tumbuh, sehingga dapat teringat kembali saat melaksanakan ibadah haji yang telah dilaksanakan. Dan terus menjaga kemabruran,” ujar Kakanwil diawal sambutan.

Propinsi DKI Jakarta tahun 2018 memberangkatkan jemaah haji sebanyak 8.002 orang, terbagi dalam 21 kloter.

“ Jadi sebanyak 7.985 jemaah haji telah kembali ketanah air, wafat 12 jemaah dan 2 jemaah masih dirawat di rumah sakit Arab Saudi,” terangnya.

Tahun ke tahun, Kementerian Agama pada bidang haji telah melakukan beberapa inovasi terkait penyelenggaraan ibadah haji. Salah satunya sistem Biometrik yang telah ditetapkan seluruh embarkasi ditanah air, sehingga proses imigrasi menjadi cepat.

“ Ini suatu inovasi Kemenag dalam melayani tamu Allah, agar nyaman dalam beribadah dan meningkatkan kualitasnya,” ujar Saiful di halaman Balaikota Pemprov DKI Jakarta.

Tahun 2019 Kemenag juga akan melakukan inovasi pada sistem haji di makkah dan madinah, menggunakan blok propinsi. Sehingga akan mudah jika ada jemaah hilang dan mendekati dalam pemberian katering pada jemaah.

“ Nantinya katering jemaah sesuai rasa Blok (Propinsi) tersebut. Semoga yang berangkat tahun 2019 dapat menikmati inovasi yang akan dikembangkan oleh kemenag,” harap Kakanwil.

Kakanwil mengucapkan pada seluruh jemaah yang telah tiba ditanah air. Semoga Jemaah yang bergabung di Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) DKI Jakarta dapat mengembangkan dan membesarkan organisasi tersebut.

“ Karena haji mabrur pahalanya surga, IPHI ini ikatan ahli surga,” terang Kakanwil diiringi aaminn dari para udangan.

“ Sehingga dengan banyaknya haji yang mabrur di DKI akan semakin kondusif,  nyaman dan terus meningkatkan kualitas kehidupan umat beragama,” imbuhnya.

Usai sambutan, Kakanwil menyerahkan bendera pada Gubernur dan dilanjutkan penyerahan pada IPHI DKI Jakarta.

Tampak dihadiri Gubernur DKI Jakarta yang diwakili Asisten Kesra Catur Laswanto, Ketua MUI DKI Jakarta, Ketua IPHI Pusat, Ketua IPHI DKI Jakarta, Kabag TU Kanwil Kemenag DKI, Para Penyelenggara Haji dan Umrah pada Kemenag Kota dan para undangan.

  • Tags:  

Terkait