Berita

Penulisan Mushaf Al-Quran Tandai Pencanangan Gerakan Literasi MIN 9 Jakarta

Sabtu, 21 Oktober 2017
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

 

Jakarta (Humas MIN 9 Jakarta) --- Madrasah Ibtidaiyah Negeri 9 Jakarta mencanangkan Gerakan Literasi Quran  dan Literasi Madrasah. Mengusung tema Membangun Generasi Qurani yang Berwawasan Luas dan Berakhlaqul Karimah,  Kepala MIN 9, Asim mencanangkan gerakan tersebut. Puncak kegiatan pencanangan adalah penulisan mushaf Al-Quran dengan metode follow the line oleh seluruh warga MIN 9 Jakarta.

 

“Pencanangan ini untuk membangkitkan minat baca dan berkarya di MIN 9 Jakarta Selatan agar  menggeliat,” ujarnya dihadapan seluruh civitas akademik MIN 9  Jakarta, Jumat (20/10).

 

Menurut Asim,  penting  memberikan rangsangan agar semua warga madrasah MIN 9 Jakarta Selatan suka membaca, sejalan dengan gema literasi. Bukan hanya gerakan membaca buku-buku umum tapi juga mahir menulis dan memahami Al-Quran.

 

Kegiatan  yang dimulai sejak pukul 07.00 WIB diikuti oleh seluruh siswa, guru, dan karyawan MIN 9 Jakarta. Mereka berkumpul di lapangan dengan membawa satu buku bacaan, pensil 2B, dan papan jalan.

 

Dalam  sambutannya Kamad  juga  berpesan untuk menggiatkan membaca,  agar menjadi generasi yang dapat menguasai dunia karena berwawasan luas.  Senada dengan kepala madrasah, pengawas pendidikan Kecamatan Kebayoran Lama, Muhamad Yusup mendorong dilaksanakannya gerakan literasi pada MIN 9 Jakarta. “Giat lah membaca karena itu adalah perintah pertama bagi umat Islam sebagaimana wahyu pertama yaitu surat Al-Alaq,” ujar Yusup saat membuka kegiatan literasi tersebut.

 

Acara dilanjutkan dengan membaca selama 15 menit secara serempak oleh para siswa, guru, pimpinan, karyawan, dan tamu undangan. Tak lupa selingan penampilan siswa-siswi MIN 9. Kemudian dilanjutkan  Penulisan Mushaf Al-Quran oleh seluruh warga MIN 9 Jakarta Selatan. Ditutup dengan penampilan calung dan pembacaan doa.

 

Kamad MIN 9 Jakarta berharap semoga dengan gerakan literasi dapat membangkitkan semangat membaca dan menghasilkan karya. (Saripah/ilm/ilm)

 

 

  • Tags:  

Terkait