Berita

Pentingnya Kesehatan Reproduksi dan Seksual Bagi Calon Pengantin

blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta [inmasJP] – Kepala Seksi Bimas Islam, H. Ahmad Ikhsan memberikan sambutan saat melakukan supervisi Bimbingan Perkawinan di KUA Sawah Besar, Kamis (13/12). Ia berharap peserta binwin dapat mewujudkan keluarga sakinah mawaddah warohmah.

 

Kegiatan yang diikuti 15 pasang calon pengantin ini diawali paparan materi Kesehatan Reproduksi dan Seksual Bagi Calon Pengantin oleh Tim Kesehatan Puskesmas Sawah Besar. “Setiap calon pengantin perlu memahami pentingnya alat reproduksi dan seksual serta memiliki peranan dalam memperoleh hak-hak itu,” jelas dr. Ainun.

 

Maksudnya adalah memiliki hak yang sama memutuskan kapan akan mempunyai anak, berapa jumlah anak, dan jarak kelahiran. Mendapatkan informasi yang lengkap terkait kesehatan reproduksi dan seksual serta efek samping obat-obatan, alat, dan tindakan medis yang digunakan untuk mengatasi masalah kesehatan reproduksi dan seksual.

 

Dalam paparan slide terkait persiapan pranikah yang berisi: persiapan fisik, persiapan gizi, pemberian imunisasi TT, dan menjaga kebersihan organ reproduksi. Persiapan fisik terdiri atas pemeriksaan status kesehatan, pemeriksaan darah rutin, pemeriksaan urin, dan pemeriksaan darah yang dianjurkan.

 

  /j15

Terkait