Berita

Pengukuran Arah Kiblat di Masjid Daarul Hikmah MAN 5 Jakarta Utara

Senin, 7 Oktober 2024
blog

Kalibrasi Arah Kiblat

Jakarta (Humas MAN 5 Jakarta Utara) - Dalam rangka meningkatkan kualitas ibadah MAN 5 Jakarta Utara melaksanakan kegiatan kalibrasi pengukuran arah kiblat. Kegiatan yang dilaksanakan di Masjid Daarul Hikmah MAN 5 Jakarta Utara didampingi langsung oleh Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) pada hari Selasa, (01/10/2024). 

Pengukuran arah kiblat ini dilakukan oleh Tim Pengukuran Arah Kiblat Kantor Kementerian Agama Kota Jakarta Utara dengan menggunakan teolid dan peralatan modern seperti kompas kiblat dan aplikasi pengukur kiblat digital.

Proses ini dipimpin oleh Plt. Kasi Bimas Islam, H. Amir Mahmud, MA yang memberikan arahan dan bimbingan selama kegiatan berlangsung. "Pengukuran arah Kiblat merupakan salah satu aspek penting dalam pelaksanaan salat, penentuan arah kiblatnya harus dilakukan dengan metode yang akurat dan terpercaya sehingga salat kita tenang dan ​​​​​​khusyuk," ungkapnya.

Setelah diukur dihasilkan pengukuran pada Pkl: 10.18 WIB dengan Lintang Masjid: 6⁰:7’:18,27⁰” LS, Bujur Masjid :106⁰:57’: 31,77” BT, Koordinat Masjid/Aziimuth : 295⁰: 05’:46,73” UTSB. Mereka memastikan bahwa posisi kiblat di Masjid Daarul Hikmah MAN 5 Jakarta Utara telah sesuai dengan arah yang tepat menuju Ka'bah di Masjidil Haram, Mekah.

Kepala MAN 5 Jakarta Utara, Ade Kurnia, S.Ag, MM, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya madrasah untuk memberikan fasilitas ibadah yang terbaik bagi civitas akademik MAN 5 Jakarta Utara.

"Dengan pengukuran ini, kami berharap dapat meningkatkan ketepatan dalam menjalankan ibadah salat dan memberikan kenyamanan bagi warga madrasah dalam beribadah," harapnya. (ER)

  • Tags:  

Terkait

Menu Aksesibilitas

Mode Suara

Ukuran Teks

Monokrom

Tandai Tautan

Tebalkan Huruf

Perbesar Kursor