Berita

Pengajian Rabu Pagi MAN 19 Jakarta: Pengagungan terhadap ilmu dan pemiliknya

blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Humas MAN 19 Jakarta) --- Hari ini, materi pengajian rutin kitab kuning membahas tentang pengagungan terhadap ilmu dan pemiliknya. Peserta pengajian adalah siswa kelas XI dengan kitab “Ta’limul Muta’allim”. dipimpin oleh H. Abdullah.

Sementara siswa kelas XI dan XII melaksanakan kegiatan tadarus dan solat dhuha di masjid Al-Barkah MAN 19 Jakarta. Selasa (30/10).

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar ilmu yang kita dapatkan membawa berkah. Jika ingin mendapatkan ilmu yang bermanfaat, maka hormatilah ilmu dan guru.

“ Menghormati guru mempunyai kedudukan yang sangat penting. Orang bisa kufur bukan karena maksiat, akan tetapi orang bisa kufur karena meninggalkan rasa hormat,” ujarnya.

Sayyidina Ali berkata ; Aku adalah budaknya seseorang yang mengajariku satu huruf, berhak menjual, memerdekakan atau menjadikanku budak. Sungguh mengagumkan sekali sikap Sayyidina Ali ini, yang sangat menghargai terhadap gurunya, meskipun hanya mengajari satu huruf. Tentunya sikap beliau perlu kita tiru. Jangan pernah menyakiti hati guru, melawan dan membuatnya sedih.

Selain menghormati guru, ada beberapa hal yang harus dilakukan agar ilmu itu bermanfaat, diantaranya yaitu; 1) waktu belajar yang baik adalah sesudah maghrib sampai isya’, 2) sebelum subuh setelah solat malam, 3) membiasakan diri untuk tidak makan dan minum yang haram, 4) jangan banyak tidur karena tidur dan kenyang mencegah mendapatkan ilmu, 5) rajin belajar, dan 6) mencari ridho guru dan taat pada perintah guru.

”Mengerjakan semua tugas yang diberikan guru dan melakukan perintahnya adalah salah satu cara mencari ridho guru.”Jelas H. Abdullah mengakhiri pengajian pagi ini.                          

Terkait