Berita

Penerapan Soal UNBK Dengan Kategori Daya Nalar Tingkat Tinggi (HOTS)

Rabu, 25 April 2018
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta [inmasJP] –Kepala Kankemenag Kota Jakarta Pusat, H. Mukhobar monitoring pelaksanaan UNBK yang dijadwalkan berlangsung 23-26 April 2018. Pagi ini, beliau monitoring UNBK di MTs Jakarta Pusat dan MTs Al Muddatsiriyah, Kamis (25/04).

 

Jadwal mata pelajaran UNBK hari ini adalah Bahasa Inggris. Mata pelajaran yang telah diujikan kemarin adalah bahasa Indonesia dan Matematika. Sementara mata pelajaran yang diujikan besok Kamis adalah IPA.

 

Kala monitoring bersama Pengawas Madrasah, Ahmad Zaki dan Kepala Seksi Penmad, H. Sambas ke MTs Al Muddatsiriyah, H. Mukhobar menanyakan kendala yang terjadi selama proses UNBK dan penyelesaiannya. “Penyelenggaraan UNBK tahun ini soalnya 10% dengan kategori daya nalar tinggi atau HOTS,” ujarnya. Untuk itu, dihimbau para guru dan murid sama-sama belajar untuk lebih memahami metode HOTS ini.

 

HOTS (High Order thinking Skills) adalah metode ketrampilan berpikir tingkat tinggi yang dituangkan dalam dalam soal-soal yang diujikan. Pada tahun ini, Kemendikbud  memasukkan sebanyak 10% atau empat soal berkategori HOTS.  

 

Seperti tahun lalu, siswa MTs Al Mddatsiriyah dibekali dengan simulasi UNBK sebanyak dua kali dan telah mengikuti uji coba UNBK sebanyak tiga kali. “Semoga semua siswa bisa lulus dan mendapat nilai terbaik,” harap H. Mukhobar. 

 

MTs swasta yang beralamat di jl. Bendungan Jago K 444 Kemayoran ini telah teruji oleh BANSM hingga meraih akreditasi A. Data dari SIAP, MTs Al Muddatsiriyah memiliki 707 siswa, 25 guru, 15 kelas, 99 pelajaran dan 9 ekstrakurikuler.

 

Yayasan Al Muddatsiriyah yang menaungi SD, MTs dan MA Al Muddatsiriyah didirikan oleh KH. Raden Muhammad Nasyir. Beliau adalah ulama Betawi keturunan Pangeran Jayakarta. Yayasan ini mendirikan SD di tahun 1978 dan setahun kemudian mendirikan MTs dan MA.  /j15

  • Tags:  

Terkait