Berita

Pembiasaan Puasa Sunnah di MTs Negeri 2 Jakarta

Kamis, 28 Februari 2019
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Humas MTsN 2 Jakarta) --- Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jakarta melaksanakan Pembiasaan Puasa Sunnah setiap Senin minggu ke - 2 dan Kamis minggu ke - 4. Pembiasaan puasa sunnah ini menghentikan semua kegiatan jual beli baik di Green Mart maupun kegiatan kantin yang berada di bawah naungan Koperasi MTs Negeri 2 Jakarta Selatan.

Yeni Triasih mengajak seluruh civitas untuk membiasakan puasa sunnah, baik guru, karyawan, dan siswa . semua menjalankan program puasa sunnah, dengan harapan adanya pembiasaan tersebut akan tertanam sampai mereka dewasa.

" Yang satu bulan saja mampu dikerjakan, apalagi hanya satu hari dalam seminggu," ujarnya.

” Namun mau tak mau, para pedagang yang sudah menyewa kantin juga belajar untuk ikhlas dalam satu hari tak berjualan," lanjutnya.

Tak ayal pula, ada saja siswa yang secara diam - diam jajan di luar pagar. Mereka berkata, “Kami semalam tak sempat saur Bu”, kata Hafiz salah seorang siswa kelas 7.2.

Tanggapan positif pun juga berdampak pada guru-guru praktik mengajar yang datang dari berbagai pelosok tanah air, untuk mendapatkan sertifikat mengajar.

”Alhamdulillah, kami mendapatkan pengalaman baru tentang pembiasaan puasa, yang mungkin bisa dijadikan oleh - oleh nanti bila saya pulang kampung halaman, ungkap Rokayah  dari Lombok.

Pembiasaan puasa sunnah merupakan upaya pembiasaan yang dilakukan di tiap madrasah. Namun upaya tersebut harus lebih diefektifkan, dimaksimalkan, dijalankan dengan sungguh - sungguh baik guru, karyawan, dan siswa.

Tentu masih cukup banyak pembiasaan - pembiasaan lain yang diyakini dapat memberikan pengaruh positif dalam mewujudkan dan membentuk kepribadian siswa yang baik. /her/hd.

Terkait