Berita

Pemaparan Posisi Hilal, Menag Pimpin Sidang Itsbat

Ahad, 5 Mei 2019
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Inmas) --- Kementerian Agama akan melangsungkan Sidang Isbat Awal Ramadan 1440 H, pada Ahad (5/5/2019) sore ini. Sidang yang dilaksanakan di Auditorium HM. Rasjidi, Gedung Kementerian Agama Jalan M.H Thamrin, Jakarta.

Pantauan humas, Menag tiba pukul 16.44 WIB, Minggu (5/5/2019). Begitu tiba, Lukman menyalami sejumlah tamu lalu menuju ke ruang VIP. Lalu, menuju ruangan pemaparan di Auditorium KH M Rasjidi, untuk mendengarkan pemaparan posisi hilal. 

Menurut Sekretaris Ditjen Bimas Islam Kememang Tarmizi Tohor mengatakan sebelum sidang isbat dimulai, diawali dengan laporan posisi hilal dari pemantau di 34 provinsi. 

"Pemaparan dulu nanti, laporan dari temen temen daerah 34 kanwil serentak, pemantauan di antara wilayah Aceh, Sumut, Sumbar, Riau, semua provinsi mengadakan pemantauan," ujar Tarmizi sebelum pemaparan dimulai. 

Ditambahkan, pemaparan akan dilakukan oleh tim Hisab Rukyat Kemenag sedangkan sidang isbat akan dipimpin oleh Menteri Agama.

 

Sedangkan Sidang akan berlangsung tertutup, namun usai sidang akan diadakan keterangan pers.

Sejumlah perwakilan turut hadir, antara lain dari PBNU, PP Muhammadiyah, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Ketua Komisi VIII DPR Ali Taher, dan Imam Besar Istiqlal Nasaruddin Umar.

Hadir pula Duta Besar negara-negara sahabat, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama, Kepala Kanwil Kemenag Provinsi DKI Jakarta Saiful Mujab, dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.

  • Tags:  

Terkait