Berita

Musrembang Sebagai Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Kamis, 15 Februari 2018
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta [inmasJP] – Kepala KUA Kecamatan Sawah Besar, Drs. Eddy Ruswanto mengikuti acara Musrembang Kelurahan Mangga Dua Selatan, Kamis (08/02). Kegiatan yang membahas 83 usulan dari 12 RW meliputi 128 RT dengan luas wilayah mencapai 129,09 hektar itu mencapai anggaran lebih dari 8,8 miliar.

 

Lurah Mangga Dua Selatan, Setyanto mengatakan, “Usulan kegiatan fisik yang paling terbanyak adalah perbaikan saluran air dan jalan lingkungan”. Sementara kegiatan non fisik meliputi pelatihan tata boga, pelatihan mengemudi dan pembuatan SIM A, serta pelatihan bahasa inggris.

 

Berbagai usulan di tingkat kelurahan akan kembali dibahas pada musrembang tingkat kecamatan, kota dan provinsi. Hal ini untuk melihat kesiapan sarana dan prasarana serta urgensi kegiatan yang diusulkan. Selain itu, untuk melihat kemampuan Pemprov DKI Jakarta dalam mengkoordinasikan setiap kegiatan yang diusulkan.

 

Sebagai contoh, ada warga RW 09 yang minta diselenggarakan les bahasa Inggris bagi anaknya. Apabila usulan itu lolos hingga di tingkat provinsi maka anak tersebut akan dikursuskan di Jakarta Selatan lantaran di Jakarta Pusat belum ada tempat kursus yang berafiliasi dengan pemerintah kota. “Untuk itu, didisposisi Suku Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi,” jelas Setyanto. Ia juga mengatakan usulan itu hanya dikhususkan bagi anak tersebut. Bila ada masyarakat yang juga meminta untuk dikursuskan maka dapat mengajukan dirinya ke Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

 

Dari sekian banyak usulan itu, ada dua usulan yang ditolak yaitu pemasangan cermin cembung dan betonisasi jalan. “Betonisasi akan diganti dengan pengaspalan hotmix tahun ini yang dikerjakan oleh Bina Marga Kecamatan,” jelasnya. Adapun cermin cembung ditolak karena tidak jelas lokasi penempatannya sehingga dinilai tidak urgen.

 

 

Meskipun hanya sebanyak 83 usulan, namun yang terpenting usulan itu berkualitas. “Biar sedikit tapi usulannya berkualitas dan diharapkan dapat terealisasi,” harapnya. Dengan kegiatan musrembang ini diharapkan dapat terlaksana pembangunan yang lebih baik sehingga kesejahteraan masyarakat dapat meningkat. /j15     

  • Tags:  

Terkait