Berita

MUNCULNYA BIBIT-BIBIT JURNALISTIK MUDA DI MTs N 34 MELALUI MAJALAH ILNA

blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Humas MTsN 34) --- Kegiatan jurnalistik sekolah menjadi salah satu kegiatan yang dapat memupuk kreativitas siswa. Saat ini, banyak sekolah dan lembaga pendidikan formal lainnya yang menerbitkan dan mengelola publikasi sekolah, baik berupa mading, bulletin, majalah sekolah, web sekolah, ataupun penyiaran sekolah. Tidak hanya itu, saat ini, banyak media cetak yang menyediakan rubrik-rubrik pelajar yang memberikan kesempatan kepada para siswa untuk mengekspresikan ide, pemikiran, wawasan, dan sikap krirtis dalam bentuk tulisan, termasuk tulisan-tulisan jurnalistik (berita, kolom, esai, feuture).

Berdasarkan hal tersebut, MTs N 34 Jakarta berusaha menjembatani pengembangan kemampuan berjurnalistik siswa dengan menerbitkan majalah ILNA yang dinaungi oleh OSIS MTsN 34. Majalah ILNA mulai diterbitkan dua tahun yang lalu. Walaupun umur majalah ILNA masih terbilang muda, namun antusias dan animo warga madrasah dalam membaca ataupun membuat berita sangatlah tinggi setiap ingin terbit.

Berdasarkan penjelasan Pembina OSIS Arif Wahyu Hidayat, dua minggu sebelum majalah ini terbit, baik artikel atau berita karya guru dan karya siswa sudah mulai membanjiri redaksi majalah ILNA. Bahkan setelah terbit, banyak siswa yang tidak kebagian mendapatkannya karena majalah ini habis terjual dalam waktu satu sampai dua hari.

Mendengar hal tersebut, Hj. Chawah, M.Pd selaku kepala Madrasah, akan berusaha memfasilitasi dalam penambahan produksi Majalah ILNA, agar semua siswa dapat membaca dan menikmati konten materi yang bermanfaat. Selain itu juga, para siswa dapat mencoba menggali kemampuan jurnalistiknya dengan menulis berita dan mengirimkanya ke redaksi ILNA.

" Sehingga Majalah ILNA ini bisa disalurkan ke sekitar lingkungan madrasah ataupun pelajar lain di luar MTs N 34," harapnya.

Terkait