Berita

MTs Negeri 4 Jakarta Raih Juara Umum dalam Ajang Sukabumi Robotic Competition 2024

Rabu, 4 September 2024
blog

Foto bersama ibu Kepala Madrasah MTs Negeri 4 Jakarta

Humas MTs Negeri 4 Jakarta – MTs Negeri 4 Jakarta Selatan mempertegas kehebatannya di bidang robotika. MTs Negeri 4 Jakarta Selatan meraih predikat juara umum di Kontes Sukabumi Robotic Competition (SRC) 2024.. Kegiatan SRC ini diadakan pada tanggal 25 Agustus 2024. Kegiatan ini hasil kerjasama Sukarobot Academy dengan Pemerintah Sukabumi dan Jawa Barat.

 

MTs Negeri 4 Jakarta Selatan memborong enam gelar juara yang diikuti. Enam gelar juara itu salah satunya adalah Juara I pada Kategori Robot Sumo SMP-SMA oleh Alwan Abqory Winesa. Selain itu pada kategori yang sama, MTs Negeri 4 Jakarta juga mendapat juara II, Robot sumo yang dibuat oleh Rachmat Fadhilah ini didesain untuk bertahan di arena dan dapat mendorong robot lawan keluar dari arena.

 

Dalam kategori Innovation Robot SMP, MTs Negeri 4 Jakarta mendapatkan 2 gelar juara, yaitu:

1. Juara II oleh Kayla Adeeva Najwa Pohan dan Anteng. Tim ini mengusung robot berjudul “G-Ocean: Guardian Of The Ocean”. Robot ini dapat menyaring tumpahan minyak di perairan laut. Robot ini juga mampu untuk memantau kualitas air, serta mengumpulkan sampah plastik dan limbahnya.

 

2. Juara III oleh Fahim Raditya dan Hafahoh Nur Azizah. Tim ini membuat robot berjudul Sistem Irigasi dengan pintu air yang terintegrasi dengan Smart Green House. Kegunaan robot ini adalah mengatur air dalam irigasi dan mengelola pertumbuhan tanaman dalam Smart Green House.

 

Selain dua kategori di atas, MTs Negeri 4 Jakarta Selatan juga mendapatkan Juara Best Demonstration yang dibawakan oleh Mu’thi Syamil Mumtaz dan Azulgrana Kenzie Asadel Ramadhan. Tim ini mempresentasikan hasil robotnya yang berjudul “Kirei”. Robot ini berfungsi untuk membersihkan dan mengumpulkan sampah berbasis image processing di area seperti taman ataupun rumah dengan otomatis dan dapat menyaring udara ketika udara kotor.



Tidak cepat puas dengan pencapaiannya saat ini, Tim Robotika MTs Negeri 4 Jakarta Selatan berkomitmen untuk terus belajar dan berusaha untuk mempertahankan dan meningkatkan capaian luar biasanya di masa depan.

 

"Kami berharap capaian Tim Robotika MTs Negeri 4 Jakarta Selatan menjadi inspirasi dan motivasi untuk terus mengibarkan nama MTs Negeri 4 Jakarta di kancah nasional maupun internasional," tutup Ibu Chusniyati, S.Ag (Kepala Madrasah MTs Negeri 4 Jakarta Selatan).

  • Tags:  

Terkait