Berita

MTs N 7 Jakarta Menggelar Selebrasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Rahmatan Lil’alamin

Selasa, 8 Oktober 2024
blog

Jakarta(Humas MTs N 7 Jakarta) -- MTsN 7 Jakarta menggelar selebrasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Rahmatan Lil’alamin (P5RA) diikuti kelas 7,8 dan 9, kegiatan ini berlangsung pada hari Jumat (4/10/2024).Mengawali kegiatan selebrasi sebelumnya ada beberapa kegiatan projek P5RA yang sudah dilaksanakan oleh seluruh peserta didik MTs N 7 Jakarta baik di kelas maupun di lingkungan madrasah.

 

Semua kegiatan projek  P5RA ini murni idenya berasal dari siswa, jadi dalam kegiatan P5RA ini siswa sudah dilatih dan dibimbing untuk dapat melakukan projek mulai dari perencanaan, pelaksanaan, sampai selebrasi, sementara guru membimbing dan menyusun jadwal, serta mengkolaborasikan kegiatan P5RA ini agar berjalan dengan baik.

 

Tema selebrasi P5RA disemester satu  ini  bangunlah jiwa dan raganya, dengan topik kesejahteraan diriku untuk Indonesia maju.Agar mempermudah pelaksanaan kegiatan projek penguatan profil pelajar pancasila ini maka pelaksanaan kegiatan ini digabung dengan beberapa level kelas 7,8 dan 9 dengan tema dan topik yang sama.

 

Minggu pertama P5RA  diisi dengan materi berupa teori siswa diberikan PPT terkait anti bullying, anti narkoba, dan anti rokok, siswa juga diberikan tayangan  video tentang pembelajaran bagaimana bersikap dan bertingkah laku dengan ahlak yang baik dengan sesama kawan dan orang yang lebih tua.siswa juga diajak untuk berliterasi terkait pola hidup bersih dan sehat, serta menyusun menu makanan bergizi dan seimbang bagi remaja.

 

Pada minggu kedua P5RA ini projek diisi dengan kegiatan seperti senam, pidato, nasyid, penampilan seni dikelas, drama, sikat gigi bersama, membuat infus water dari rempah rempah dan buah segar, serta mendengarkan arahan dari dokter langsung tentang pola hidup sehat bagi remaja dan siswa juga diperbolehkan untuk bertanya langsung kepada dokter yang memberikan penyuluhan tentang kesehatan remaja.

 

Pelaksanaan Projek penguatan profil pelajar pancasila ini berlangsung selama beberapa hari dan ini tetap dilakukan peserta didik di dalam kelas dengan bimbingan beberapa guru mapel sesuai jam mengajarnya.Sesuai tema yang di pilih seluruh peserta didik merasa nyaman dan sangat antusias mengikuti projek ini.

 

“Kegiatan projek P5RA ini sangat menyenangkan, kita di bimbing untuk bisa berpidato, publik speaking, menyiapkan materi untuk pidato yang kemudian dipraktekan di depan kelas,pengalaman yang tidak akan terlupakan”, ujar Hana Siswi kelas 81.

 

“Yang lebih menyenangkan lagi adalah saat selebrasi seluruh kelas mempersiapkan keperluan sendiri untuk membuka stand yang isinya adalah hasil karya siswa sendiri”,seru banget” ujar Bima kls 96, terlebih lagi saat siswa diminta tampil flashmob rame dan asyik semua gembira dan senang”,ini menjadi belajar yang menyenangkan ungkap Niyala kelas 91.

 

Kegiatan Selebrasi P5RA ini dihadiri Ketua Komite MTs N 7 Jakarta Fachrurozi dan dibuka oleh Kepala MTs N 7 Jakarta Lebeng, M.Ed dan didampingi seluruh guru dan tenaga kependidikan MTs N 7 Jakarta. Dalam sambutan nya saat membuka acara selebrasi P5RA ini kepala MTs N 7 Jakarta Lebeng, M.Ed mengungkapkan sangat bangga akan hasil selebrasi P5RA ini, seluruh siswa nampak senang dan gembira mengikuti giat  selebrasi P5RA ini belajar tidak harus di dalam kelas saja namun di luar kelas pun mereka bisa mendapat pembelajaran.

  • Tags:  

Terkait

Menu Aksesibilitas

Mode Suara

Ukuran Teks

Monokrom

Tandai Tautan

Tebalkan Huruf

Perbesar Kursor