Jakarta (Humas MIN 14 Al-Azhar Asy-Syarif) — Perpustakaan MIN 14 Al-Azhar Asy-Syarif kembali menghadirkan kegiatan literasi yang menarik dan edukatif. Kali ini, siswa diajak lebih dekat dengan dunia membaca melalui kegiatan mendengarkan kisah inspiratif dan membaca puisi secara bergiliran di hadapan pengunjung perpustakaan. Acara berlangsung pada Kamis (30/10/2025) dengan suasana hangat dan penuh antusiasme.
Kegiatan diawali dengan pembacaan kisah Nabi Yunus oleh Inas Nur Rasyidah, ketua bidang perpustakaan. Cerita penuh makna tentang kesabaran dan keteguhan itu disimak dengan antusias oleh para siswa yang tampak menikmati setiap alur kisah.
Usai sesi cerita, beberapa siswa terpilih tampil membacakan puisi pilihan mereka. Suasana perpustakaan pun berubah menjadi panggung ekspresi yang menggugah. Bagi sebagian siswa, momen ini menjadi pengalaman pertama tampil di depan umum — kesempatan berharga untuk melatih keberanian dan rasa percaya diri.
Kepala Madrasah, Ru’yat Ismail, memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut, “Kegiatan literasi seperti ini sangat penting untuk menumbuhkan kecintaan anak-anak terhadap membaca sekaligus melatih keberanian mereka. Kami berharap kegiatan ini dapat menjadi agenda rutin yang memperkaya pengalaman belajar siswa,” ujarnya.
Inas juga menyampaikan rasa bahagia dapat berbagi kisah kepada siswa, “Membacakan buku bukan sekadar menyampaikan isi cerita, tetapi juga mengajak anak-anak memahami nilai-nilai kehidupan yang terkandung di dalamnya. Saya melihat mereka begitu fokus bukti bahwa cerita masih menjadi jembatan yang efektif untuk menumbuhkan minat baca,” ungkapnya.
Antusiasme siswa terlihat dari tepuk tangan dan semangat yang mengiringi setiap penampilan pembacaan puisi. Suasana hangat yang tercipta menjadikan perpustakaan bukan hanya tempat membaca, tetapi juga ruang kreatif dan karakter-building bagi seluruh warga madrasah.
Kegiatan literasi ini diharapkan dapat terus menumbuhkan semangat membaca di kalangan siswa MIN 14 Al-Azhar Asy-Syarif. Dengan budaya literasi yang kuat, peserta didik akan memiliki wawasan luas, kemampuan berbahasa yang baik, serta sikap percaya diri yang terus berkembang. (dm)