Berita

Meniru Adab Rasulullah, Kankemenag Kota Jakarta Pusat Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW

blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta [inmasJP] – KH. Agus Wahyudin memberikan tausiyah bertema Peringatan Maulid Nabi di Masjid Al Muttaqin, Rabu (21/11). Kegiatan ini sekaligus mengawali penggunaan kembali Masjid Al Muttaqin Kankemenag Kota Jakarta Pusat pasca rehab.

 

Dalam tausiyahnya, KH Agus mengingatkan agar kita senantiasa mengajak kebaikan dengan cara yang baik meniru adab Rasulullah. “Saling menasehatilah untuk hal yang baik dan dengan cara yang sabar,” paparnya mengutip Qs Al Asr 103: 3.

 

Sesungguhnya manusia berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan perbuatan baik (amal sholih) serta saling menasehati untuk kebenaran dan saling menasehati untuk kesabaran. Qs Al Asr 103: 1-3.

 

“Jangan sampai kita ikut menyebarkan hoaks, karena itu bukan kebenaran,” tegasnya. Untuk itu, harus iqro agar tahu mana yang hoaks dan mana yang bukan hoaks. Harus mau pula tabayyun agar memperoleh kebenaran atau informasi yang benar.

 

Hafsh bin Ashim dari Abu Hurairah dalam HR Muslim menyatakan, “cukup seseorang dikatakan berdusta jika ia menceritakan segala apa yang ia dengar”. Sedangkan bab lain meriwayatkan, “Apabila benar apa yang kamu bicarakan tentang dirinya, maka itu berarti kamu ghibah, namun apabila tidak benar maka kau telah memfitnahnya”.  /j15

Terkait