Berita

Mengembangkan Wawasan Kebangsaan Dan Iptek, Siswa Madrasah Ikuti PPMD

Rabu, 28 November 2018
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Inmas) --- Kegiatan PPMD 2018 dititikberatkan pada pengembangan diri peserta dalam aspek mental, keagamaan, spiritual, fisik, intelektual, dan sosial, baik sebagai individu, sebagai anggota masyarakat, maupun sebagai warga negara.

“ Penyelenggaraan kegiatan PPMD 2018 menggunakan pendekatan yang beragam, sehingga peserta lebih dapat merasakan, mempelajari, menghayati, dan mendalami materi yang dihadapi,” ujar Kabid Penmad Nur Pawaidudin.

Kegiatan dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai dengan muatan materi yang terkandung didalamnya, dengan harapan peserta PPMD 2018 mendapatkan beragam kegiatan sebagai penambah bekal pengalaman dalam proses pembentukan jatidirinya.

Menurut Kepala Bidang Pendidikan Madrasah, kegiatan dalam PPMD 2018 mengarah kepada upaya pencapaian tujuan Gerakan Pramuka yang meliputi : pertama, Pembinaan mental dan spiritual; Kedua, Mengembangkan wawasan kebangsaan, kebudayaan, ilmu pengetahuan dan teknologi.

Selain itu, Kegiatan PPMD Tahun 2018 dilaksanakan dengan menggunakan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan dalam bentuk permainan, diskusi, demonstrasi, simulasi dan kompetisi dengan pendekatan-pendekatan yang bersifat edukatif, rekreatif, kreatif, produktif, inovatif, kompetitif dan menantang.

Juga, Kegiatan dalam PPMD 2018 dibagi ke dalam 5 (lima) kelompok kegiatan yaitu, Kegiatan Keagamaan, Kegiatan Umum, Kegiatan Peningkatan Wawasan dan Seni Budaya, Kegiatan Khusus dan Kegiatan Kompetisi.

“ Dalam kegiatan keagamaan meliputi ; Shalat 5 waktu; Shalat Maghrib dan Subuh Berjamaah; Kultum (Kuliah agama tujuh menit); Tadarus Al-Quran; Qiyamullail; dan Muhasabah,” imbuhnya.

PPMD Tahun 2018 dilaksanakan selama 4 hari, mulai tanggal 27 s.d 30 November 2018, khusus peserta penggalang Madrasah Ibtidaiyah kegiatan mulai tanggal 27 s.d 29 November 2018. /baz.

  • Tags:  

Terkait