Berita

Menag : Natal 2019 Bawa Pesan Persahabatan

Selasa, 24 Desember 2019
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Inmas) – Pesan Natal 2019 adalah pesan persahabatan yang membawa kepada sejarah dan cita-cita bersama bangsa Indonesia serta perjuangan bersama bagi kemanusiaan dan bagi Indonesia yang adil dan beradab. 

Hal ini disampaikan Menag Fachrul Razi saat menghadiri Kebaktian Kebangunan Rohani (KKR) Natal Akbar Tahun 2019 bersama Pendeta Stephen Tong di Graha Reformed Millenium Center Indonesia (RMCI), Kemayoran, Jakarta, Selasa (24/12) malam.

Menurut Menag, tema ini tentu sangat relevan dengan situasi bangsa saat ini, “Persahabatan yang berlandaskan cinta kasih adalah panggilan untuk kita agar keluar dari sekat - sekat suku, budaya, agama, ras dan golongan,” ujar Menag.

Lanjutnya, Menag bersyukur atas kemajemukan yang penuh keragaman di Indonesia selalu dapat dikelola dengan baik, “Kita sepakat menjadikan kemajemukan sebagai aset kekayaan budaya yang harus dirawat dengan toleransi dan saling menghormati,” tutur Menag.

Dalam kesempatan ini, Menag mengingatkan peran agama sebagai sumber segala kebaikan. "Agama adalah sumber dari semua kebaikan, dan bukan sumber kekerasan," ujar Menag saat didampingi Ibu Hani Fachrul Razi dan Kepala Kanwil Kemenag Provinsi DKI Jakarta Saiful Mujab.

“Apabila ternyata ada konflik dan kekerasan yang mengatasnamakan agama, itu pasti karena kekurangpahaman terhadap ajaran agama itu sendiri,” tegasnya.

Tuhan menurunkan kitab - kitab suci melalui Nabi dan Rasul terpilih untuk menjadi pedoman dan panduan umatnya dalam mengamalkan nilai - nilai kebajikan di dalam kehidupan bersama.

Menurut Menag, kedamaian memberikan banyak kesempatan untuk melakukan perbaikan dan amal kebajikan.  Melalui peringatan Natal, kita diajak untuk menyadari panggilan sebagai pribadi yang bersedia mengabdi dengan penuh hikmah.

“Marilah kita merayakan Natal dengan konkret untuk hidup dalam hikmat Tuhan. Kiranya dapat menjadi saat yang tepat untuk memahami hakikat perbedaan dan keragaman serta pentingnya menghormati sesama manusia,” tutupnya diakhir sambutan.

Tema Natal Nasional tahun 2019 ini, yaitu Hiduplah Sebagai Sahabat Bagi Semua Orang.

 

 

 

 

Terkait