Berita

Menag Menaruh Optimisme Pada Agen Perubahan Kementerian Agama

Rabu, 11 September 2019
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Inmas) - Menteri Agama Republik Indonesia Lukman Hakim Saifuddin menaruh optimisme yang sangat besar kepada Para Agen Perubahan Kementerian Agama. Hal ini disampaikan pada saat Pembinaan Agen Perubahan Kemenag 2019, Selasa (10/09).

Menurut Menag, turbulensi atau guncangan sekeras apa pun tidak boleh membuat kita justru menjadi kehilangan kendali, “Disini saya menaruh optimisme yang sangat besar kepada para agen perubahan Kemenag yang akan terus menjadi penggerak didalam perubahan yang lebih baik dan manfaatnya akan membumi dan dirasakan oleh semua kalangan,” ujar Menag saat menyampaikan sambutannya.

Berdasarkan laporan Sekretaris Jenderal Nur Kholis Setiawan, dari tahun 2018 sampai dengan 2019 sebanyak 122 orang peserta agen perubahan mengikuti pembinaan ini dan terdiri dari unsur pegawai administrasi, fungsional (dosen, widyaiswara, guru, penyuluh, penghulu, arsiparis, analis kebijakan publik, pustakawan, pranata humas, perencana, dan statistisi).

"KEmBANGkan GAgAsaN BANGkitkan Energi posiTif (KEBANGGAAN BANGET)", menjadi tema yang diusung dalam kegiatan Pembinaan Agen Perubahan tahun ini.

Sekjen menyampaikan Pembinaan Agen Perubahan Kementerian Agama Tahun 2019 merupakan upaya Kemenag dalam mengoptimalkan agen perubahan dalam melakukan akselerasi reformasi birokrasi yang merupakan program prioritas Pemerintah dalam Perpes 81/2020 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi yang saat ini sudah memasuki tahap kedua.

Untuk mengingatkan kembali, pembinaan agen perubahan tahun 2018 mengusung tema, ‘Potensi, Bawa Perubahan (KEPO BAPER)‘. Dan delapan agen perubahan di tahun 2018 telah membuahkan hasil dan telah menunjukkan totalitasnya dalam berkinerja dan inovasinya tersebut diyakini oleh pimpinan satker masing-masing telah berdampak baik pada organisasi.

Dalam hal ini, Kanwil Kemenag DKI Jakarta mendukung terkait Agen Perubahan dilingkungan Kemenag. ‘Agen Perubahan merupakan sunatullah, mari terus berubah menuju yang lebih baik selalu setiap saat’. Dan ini merupakan tulisan Kakanwil DKI Jakarta dalam mengisi Dinding motivasi Agen Perubahan.

Peserta didik Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Jakarta ikut berpartisipasi dalam pembukaan pembinaan agen perubahan Kemenag tahun 2019.

Turut dihadiri Sekretaris Jenderal Kemenag, Para Pejabat eselon 1, Para pejabat eselon 2, Para Kakanwil, Staf Ahli Menteri, Para Rektor Perguruan Tinggi Agama, Para Kepala Balai Diklat Keagamaan, Ketua Sekolah Tinggi Agama dan Para Kepala Kankemenag Kab/Kota.

Terkait