Berita

Menag Berikan Apresiasi atas Kerjasama Indonesia dan Arab Saudi 

Jumat, 15 Maret 2019
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Inmas) - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyampaikan, terima kasih dan memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya atas prakarsa dan kerjasama Kerajaan Arab Saudi melalui atase agama Kedutaan Besar Arab Saudi di Jakarta, sehingga Musabaqah Hafalan Al-qur'an dan Hadits tingkat Asean dan Pasifik yang selalu diselenggarakan setiap tahun dengan lancar dan sukses.
 
Hal ini disampaikan saat penyerahan hadiah para pemenang, Musabaqah tahunan Hafalan Al quran dan hadits Pangeran Sultan Bin Abdul Aziz Alu Su'ud Rahimahullah Tingkat ASEAN dan Pasifik ke 11 tahun 2019 M / 1440 H.
 
Dalam MHQH tahun ini, peserta asal Indonesia menyapu bersih juara satu untuk semua cabang perlombaan. Ada empat kategori hafalan Al Quran, yaitu: 30 juz, 20 juz, 15 juz, dan 10 juz, serta satu kategori hafalan hadist.
 
Menag Lukman malam itu didaulat untuk menyerahkan hadiah kepada para pemenang MHQH. Bertindak sebagai Ketua Dewan Juri adalah Imam Masjid Haram, Dr. Abdullah Awwad Al Johani.
 
Berikut nama-nama pemenang MHQH Pangeran Sultan Bin Abdul Aziz Alu Su'ud Rahimahullah Tingkat ASEAN dan Pasifik ke 11 Tahun 1440H/2019M:
 
Kategori Hafalan 30 Juz 
 
1.Fatwa Hadi Maulana, asal Indonesia dengan poin 287 
2.Salahuden Macasiding Kiram, asal Filipina dengan poin 274
3.Nabel Esmail Malaco, asal Philipina dengan poin 272
 
Kategori Hafalan 20 Juz
 
1.Rizki Maulana, asal Indonesia dengan 298 
2.Ali Mamalinta Sandingan, asal Philipina dengan poin 293
3.Aldi Fahmi Mustafa, asal Indonesia dengan poin 291
 
Kategori Hafalan 15 Juz
 
1.M.Azro'i Sitorus, asal Indonesia dengan poin 292
2.Zakaria Zaw Zaw Tun, asal Myanmar dengan poin 288
3.Ammar Salazar Lumambas, asal Philipina dengan poin 284
 
Kategori Hafalan 10 Juz
 
1. Iskandar, asal Indonesia dengan poin 297 
2. As'ad Saifullah, asal Indonesia dengan poin 294
3. Mohammad Yassin Esnaira Raslim, asal Philipina dengan poin 287 
Kategori Hafalan Hadist
 
1. Ahmad Faruq Hilmi, asal Indonesia dengan poin 285   
2. Muhammad Maulana Siddiq, asal Indonesia dengan poin 284
3. Naufal Abyan, asal Indonesia dengan poin 283
 
Menag berharap kegiatan ini dapat mendorong lahirnya para penghafal Alquran dan hadis yang akan bertambah setiap tahunnya serta mampu menjadi duta yang aktif mendakwahkan dinul Islam sebagai rahmatan lil alamin di tengah masyarakat dunia.
 
Selain itu, Menag juga berharap kerjasama antara dua negara ini akan terus berlanjut dan semakin berkembang di masa mendatang demi kemajuan negara dan dunia islam melalui kerjasama bilateral di bidang agama dakwah pendidikan dan kebudayaan antara Indonesia dan Saudi Arabia. 
 
Turut dihadiri Syeikh Soleh Ibrahim Al Khiefi, Prof Dr Abdullah Al Mutlaq, Syeikh Dr. Abdullah Awwad Al Johani, Mr. Yahya Hasan Al Qathani, Syeikh Saad Husain Annamasi.
 
Serta Dirjen Bimas Islam, Sekretaris Bimas Islam, Kepala Kanwil Kemenag DKI Jakarta Saiful Mujab, Pimpinan Pesantren Tahfizh Daarul Quran Ust. Yusuf Mansyur, serta para peserta Musabaqah tingkat ASEAN dan Pasifik. Kamis (14/03)

Terkait