Berita

Menag Ajak ASN Kemenag Jadi Garda Terdepan Tangkal Radikalisme

Rabu, 27 November 2019
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Inmas) – Dalam Kegiatan Pembinaan Pegawai dan Evaluasi Penyerapan Anggaran Tahun Anggaran 2019, Menteri Agama RI Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi mengatakan bahwa ASN Kementerian Agama harus menjadi garda terdepan cegah radikalisme serta menjadi contoh teladan bagi masyarakat.

“ASN Kementerian Agama harus menjadi contoh dan teladan kepada masyarakat sebagai sosok yang memiliki jiwa nasionalisme dan wawasan kebangsaan,” ujar Menag Fachrul Razi, di Aula Jayakarta Kanwil Kemenag DKI, Rabu (27/11).

Menag juga mengatakan bahwa Kementerian Agama bersama 11 kementerian dan lembaga negara lainnya sudah menandatangani Surat Keputusan Bersama tentang Penanganan Radikalisme Aparatur Sipil Negara (ASN).

Sedangkan, pembinaan SDM menjadi salah satu program prioritas Kabinet Indonesia Maju, oleh karenanya Menag mengatakan bahwa hal ini menjadi perhatian bersama agar tidak ada benih - benih radikalisme sekecil apapun di kalangan ASN.

“Jangan sampai ASN di lingkungan Kementerian Agama terpapar radikalisme sekecil apa pun itu. Karena ASN bekerja atas nama negara, tidak boleh merusak keutuhan NKRI,” ujarnya

“Akan kami tindak tegas apabila ada ASN yang terbukti terpapar radikalisme,” tegasnya di hadapan 240 peserta pembinaan pegawai di lingkungan Kanwil Kemenag DKI.

Hal senada disampaikan Kepala Kanwil Kemenag DKI Jakarta Saiful Mujab, Ia mendukung dan akan mengawal serta menindak tegas apabila ada ASN di lingkungan Kanwil Kemenag Provinsi DKI Jakarta yang terpapar radikalisme.

"Saya mendukung dan akan mengawal serta menindak tegas apabila ada ASN di lingkungan Kanwil Kemenag Provinsi DKI Jakarta yang terpapar radikalisme," ujar KaKanwil saat di wawancarai tim Inmas DKI.

Tak hanya terkait soal radikalisme, dalam pembinaan kali ini Menag juga mengajak seluruh ASN untuk terus menjaga dan mengawal terkait moderasi beragama.

“Jangan sampai kita menunjukan sikap yang berbeda atau justru berlawanan dengan nilai-nilai moderasi beragama,” kata Menag.

Di akhir sambutannya, Menag Fachrul Razi memberikan apresiasi kepada seluruh ASN di lingkungan Kanwil Kemenag DKI yang senantiasa bekerja dengan baik.

Sementara itu, KaKanwil dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas kehadiran Menag dalam memberikan pembinaan dalam kegiatan ini. "Semoga kehadiran Bapak Menteri Agama memberi spirit bagi kami dalam menjalankan program di lingkungan Kanwil Kemenag DKI," ujar Saiful.

Terkait