Berita

Mempererat Rasa Persatuan Lintas Umat Beragama, Menag Lepas Jalan Santai Kerukunan dan Kebhinekaan

Sabtu, 4 Mei 2019
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Inmas) - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Menteri ESDM Ignasius Jonan beserta Kepala Kanwil Kemenag DKI Jakarta, Kepala Pusat kerukunan umat beragama, Para Tokoh Agama melepas jalan santai dalam rangka Perayaan Syukur Gereja Keuskupan Agung Jakarta ke-212 Tahun (8 Mei 1807-2019).

Sebelum melepas peserta yang mengikuti kegiatan Jalan Santai Kerukunan dan Kebhinekaan Lintas Agama, Menag mengucapkan Selamat Hari Ulang Tahun ke 212 kepada seluruh keluarga besar Keuskupan Agung Jakarta, "Acara ini sangat bermakna, mempererat rasa persatuan lintas umat beragama," Ujar Menag saat memberikan sambutannya, Sabtu (4/05).

Jalan santai kerukunan dan Kebhinekaan ini mengusung tema "Kita Berhikmat Bangsa Bermartabat". Menurut Menag, kegiatan Jalan Santai Kerukunan dan Kebhinekaan Lintas Agama ini mencerminkan 2 Nilai dalam kehidupan beragama di Indonesia, "Kebhinekaan dan Beragama adalah ciri Indonesia. Bangsa yang hakikatnya memiliki perbedaan, namun tetap agamis," Ujar Menag.

Sedangkan, Menteri ESDM Ignasius Jonan merasa terharu dengan acara ini, dimana kegiatan ini menyatukan umat lintas beragama.

Imam Besar Masjid Istiqlal Nasarudin Umar dalam kesempatan tersebut mengapresiasi kepada seluruh umat beragama di Indonesia, "Saya mengapresiasi kegiatan seperti ini, perbedaan ini akan indah apabila kita saling memahami dan menghormati antar umat beragama," Ujar Nasarudin Umar saat memberikan sambutannya.

Nasarudin menambahkan, peran tokoh-tokoh agama sangat penting dalam membimbing umatnya, "Selama tokoh-tokoh agama kokoh dalam membimbing umatnya, langit tidak akan runtuh," tutur Nasarudin

Jalan Santai ini diikuti oleh seluruh peserta dari berbagai Agama dengan menempuh jarak sekitar 3,9 kilometer dimulai dari Jalan Katedral, Jalan Veteran III Gambir, Perwira, Jalan Lapangan Banteng Selatan, Hotel Borobudur, dan kembali ke Lapangan Parkir Gereja Santa Perawan Maria Di Angkat ke Surga.

Turut dihadir Dirjen Bimas Katolik Eusabius Binsasi dan para pimpinan majelis agama lainnya. Sabtu (04/05).

Terkait