Berita

Memanfaatkan Limbah Udang, Dua Siswi MAN 5 Jakarta Utara Lolos Babak Final KREASI 2024

Kamis, 24 Oktober 2024
blog

Finalis KREASI 2024

Jakarta (Humas MAN 5 Jakarta Utara) --- Dua siswi MAN 5 Jakarta Utara masuk babak final pada ajang Kompetisi Riset dan Inovasi Siswa Indonesia (KREASI) 2024. Kompetisi bergengsi tingkat nasional ini diadakan oleh Abak academy dan diikuti oleh ratusan peserta dari seluruh Indonesia. Tahapan kompetisi ini dimulai dari pendaftaran, unggah proposal hingga babak final dari bulan April sampai dengan November 2024.

 

Putri Nurul Azizah dan Feby Maharani adalah dua siswa yang mewakili MAN 5 Jakarta Utara berhasil masuk babak final KREASI bidang Matematika, Sains, Teknologi dan Lingkungan (MTSL). Babak final akan dilaksanakan secara offline pada tanggal 6 s.d 8 November 2024 di Serpong, Tangerang.

 

Putri dan Feby akan mempresentasikan karyanya yang berjudul “Studi In Vitro dan In Silico Aktivitas Antioksidan Bubuk Ektstrak Kepala Udang sebagai Kandidat Antiaterosklerosis”. Penelitian ini berfokus pada daur ulang limbah kepala udang yang efektif dan efisien, mengubahnya menjadi salah satu bahan untuk antiaterosklerosis. Penelitian ini bertujuan untuk memanfaatkan limbah kepala udang yang menjadi kearifan local di wilayah Jakarta Utara.

 

Kesuksesan Putri dan Feby tidak lepas dari dukungan penuh madrasah dan civitas akademik MAN 5 Jakarta Utara. Ade Kurnia, selaku Kepala Madrasah, "Kami bangga dengan pencapaian Putri dan Feby lolos ke babak final Kreasi 2024. Ia menunjukkan dedikasi dan kreativitas yang luar biasa dalam penelitiannya," ujarnya. Madrasah akan memberikan dukungan moral yang signifikan dalam proses pengembangan penelitiannya.

 

Prestasi Putri dan Feby menunjukkan bahwa generasi muda Indonesia memiliki potensi besar untuk membawa perubahan positif bagi masa depan. Peran serta dari madrasah, guru, dan lingkungan sekitar sangat penting dalam mendukung pengembangan kemampuan dan kreativitas siswa. Dengan adanya dukungan yang tepat, diharapkan lebih banyak siswa yang berani mengeksplorasi ide-ide baru yang bermanfaat bagi masyarakat luas. (ER)

  • Tags:  

Terkait

Menu Aksesibilitas

Mode Suara

Ukuran Teks

Monokrom

Tandai Tautan

Tebalkan Huruf

Perbesar Kursor