Berita

MAN 3 BERHASIL MERAIH JUARA I KOMPETISI ROBOTIK MADRASAH TAHUN 2017

Rabu, 29 November 2017
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

 

[inhumJP] – Kepala Kankemenag Kota Jakarta Pusat, Drs. H. Wahyudin, M.Pd senang sekali karena MAN 3 Jakarta Pusat meraih Juara I dalam Kompetisi Robotik Madrasah tingkat nasional di ICE BSD, Kamis (23/11). “Alhamdulillah MAN 3 berhasil juara dalam ajang Kompetisi Robotik Madrasah,” ujarnya.

 

Kompetsisi Robotik Madrasah (KRM) merupakan kegiatan kompetisi di bidang robotika dan otomasi yang diselenggarakan Direktorat KSKK Madrasah. Perhelatan yang kedua kalinya ini, bersamaan dengan pelaksanaan IIEE (International Islamic Education Expo) yang diselenggarakan Dirjen Pendis.

 

Kategori lomba dalam KRM ialah untuk tingkat MI adalah Rancang Bangun Mekanika (discovery robot), tingkat MTs adalah Rancang Bangun Mekanika dan Mobile Robot Ekspedisi, dan tingkat MA adalah Rancang Bangun Mekanika dan Mobil Mandiri.

 

MAN 3 berhasil juara I untuk kategori lomba Mobil Mandiri dan mendapat hadiah tropi dan uang pembinaan sebesar Rp.18 juta. Dalam kategori ini, dua siswa dalam Tim MAN 3 Jakarta Pusat mendapat tugas untuk memprogram sebuah mobil yang dapat berjalan sendiri di jalan raya (arena lomba). Dengan mempertimbangkan hambatan, rintangan, jalanan berkelok dan berliku selama dalam perjalanan hingga sampai pada tujuan.

 

Selama dalam perjalanan, Mobil Mandiri akan mendapat poin jika berhasil melewati rintangan yang dihadapi. Arena lomba ini terletak di lantai yang dilapisi kertas karton warna putih seluas 3x5 meter. Kertas karton didesain dengan menggunakan selotip warna hitam yang menyerupai jalan raya. 

 

“Selain MAN 3, MTs Jakarta Pusat pun mengikuti lomba ini hanya belum beruntung. Semoga ditahun mendatang lebih banyak madrasah dari Jakarta Pusat yang dapat mengikuti lomba seperti ini,” harapnya.   [j15]

 

  • Tags:  

Terkait